PAUD Sepi Pendaftar, Guru Tidak Bisa Terima Gaji dari BOP

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 Juni 2020 21:03 WIB
    PAUD Sepi Pendaftar, Guru Tidak Bisa Terima Gaji dari BOP
    Siswa PAUD tengah bermain sambil belajar. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Netty Herawati menyampaikan, bahwa sepinya pendaftar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan berdampak pada nasib guru. Mereka tidak bisa mendapatkan gaji yang biasanya dicairkan dari Bantuan Operasional Penyelenggaran (BOP) PAUD.

    "Ini kan sekarang setiap anak sudah dikasih dana BOP, berarti kalau orang tua tidak mendaftarkan anaknya ke lembaga PAUD dana ini tidak bisa diberikan, guru-guru juga tidak dibayar, harusnya bisa dibayar dengan BOP ini,” ujar Netty kepada Medcom.id, Jumat, 26 Juni 2020.

    Baca juga:  Pemda Diminta Bantu Menggaji Guru PAUD

    Untuk itu ia berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi imbauan kepada para orang tua agar tetap mendaftarkan anaknya ke lembaga PAUD. Apalagi saat sudah ada program PAUD from Home.

    Dengan PAUD from Home, anak didik tidak perlu lagi melakukan kegiatan tatap muka di sekolah. Tetapi melakukan pembelajaran bersama orang tua di rumah dengan bimbingan dari guru. 

    “Kurikulum dan penilainnya dilakukan oleh sekolah,” ucapnya.

    Baca juga:  Pendaftar Sepi, Banyak Orang Tua Mengira PAUD Masih Tutup

    Ia juga mengungkapkan, beberapa faktor yang membuat orang tua saat ini enggan mendaftarkan anaknya ke lembaga PAUD.  Antara lain karena  orang tua mengira sekolah masih tutup dan belum tahu adanya PAUD from Home.

    “Jadi orang tua merasa enggak sekolah ini. Jadi harusnya ada yang melanjutkan mereka mengambil cuti, yang baru pun harusnya banyak yang daftar tidak daftar, ini sebagian besar laporannya ke Kami seperti itu,” jelasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id