Lomba Cerita Budaya Desaku Bakal Digelar, Ikutan Yuk!

    Citra Larasati - 15 Agustus 2020 09:09 WIB
    Lomba Cerita Budaya Desaku Bakal Digelar, Ikutan Yuk!
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Lomba Cerita Budaya Desaku.  Lomba ini sebagai bagian dari program Desa Pemajuan Kebudayaan.

    Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan mengatakan, program ini digelar untuk menggali potensi desa yang diwujudkan dalam Lomba Cerita Budaya Desaku, sebagai langkah awal untuk Kementerian dapat memetakan potensi yang ada di masyarakat. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 8 Agustus sampai 10 September 2020. 

    Peserta lomba adalah komunitas atau kelompok yang berada di desa. "Komunitas atau kelompok inilah yang diharapkan menjadi penggerak di masing-masing desa untuk bersama-sama dengan seluruh warga desa mempertahankan rasa memiliki akan budaya lokal, kemudian melestarikannya untuk generasi selanjutnya dengan cara mengembangkan dan memanfaatkannya," kata Restu dalam Webinar program Desa Pemajuan Kebudayaan, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Sesuai dengan syarat dan ketentuan lomba, peserta diminta untuk mengirimkan tiga jenis karya yang merupakan satu kesatuan saling mendukung.  "Yaitu narasi yang dilengkapi foto dan video Ketiga karya ini di kemudian hari akan menjadi data kekayaan budaya desa yang nantinya akan menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan," ujar Restu.

    Baca juga:  Arsipkan Musik Lawas Indonesia, Kemendikbud Luncurkan Digitalisasi Musik

    Video Cerita Budaya Desaku yang diunggah peserta ke YouTube menjadi bukti eksistensi suatu kebudayaan desa yang dapat menjadi media pewaris ke genasi penerus ataupun sebagai salah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan yang dimiliki suatu desa. 

    Dalam lomba ini akan dipilih 30 desa terbaik yang selanjutnya akan dilakukan pendampingan untuk pemberdayaan masyarakat desa di bidang kebudayaan, dan di tahun mendatang program ini akan diperluas kembali. 

    Untuk mengikuti lomba ini dapat langsung mengunjungi laman desabudaya.kemdikbud.go.id. Syarat dan ketentuan lomba, serta pengiriman karya dapat dijumpai pada laman tersebut.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id