Sekolah Swasta Diminta Tidak Andalkan Dana BOS

    Daviq Umar Al Faruq - 06 September 2018 19:45 WIB
    Sekolah Swasta Diminta Tidak Andalkan Dana BOS
    Mendikbud, Muhadjir Effendy di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dokumentasi Humas UMM)
    Malang: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa sekolah swasta seharusnya tidak lagi hanya mengandalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) saja.

    Sebab, sekolah swasta harus terus meningkatkan kualitas, dan kemandiriannya dalam pengelolaan sekolah seiring perkembangan zaman.

    “Kemampuan entrepreuner penting bagi sekolah swasta,” katanya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis, 6 September 2018.

    Muhadjir menambahkan, sekolah swasta seharusnya dapat melakukan berbagai inovasi. Misalnya dalam hal pendanaan, yakni dengan mendapatkan dana dari orang tua wali.

    "Jika kualitas sekolah baik, maka para orang tua wali dipastikan tidak akan keberatan memberikan dana kepada pihak sekolah," ujarnya.

    Baca: Metode Belajar Informatika Tanpa "Komputer dan Internet"

    Selain itu, Muhadjir menjelaskan, bahwa sekolah swasta juga bisa memanfaatkan jaringan dengan alumni untuk membangun agar sekolah semakin bermutu.

    “Seperti UMM ini, alumninya sudah banyak yang sukses, dan kasih beasiswa buat adik-adik mahasiswanya. Jadi sekolah pun bisa. Alumni kan banyak yang sukses. Panggil mereka untuk kembali pada almamaternya, agar semangat pengabdiannya juga hidup kembali,” jelasnya.

    Mantan Rektor UMM ini mengungkapkan, selain sekolah swasta, sekolah negeri pun juga harus pandai-pandai dalam menjaga kualitas pendidikannya. Bila tidak, lama-kelamaan juga bisa ditinggalkan oleh masyarakat.

    “Karena nanti kalau masyarakat tidak puas dengan pelayanan publik, dia akan pilih swasta.  Tapi kalau swasta hanya mengandalkan dana BOS ya enggak bisa berkembang,” pungkasnya.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id