Sah, PPI Turki Jadi Perhimpunan Pelajar Berbadan Hukum

    Citra Larasati - 07 Juli 2021 21:39 WIB
    Sah, PPI Turki Jadi Perhimpunan Pelajar Berbadan Hukum
    Kabinet Bumi Inspirasi. Foto: Do. PPI Turki



    Jakarta:  Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki (PPI Turki) atau Türkiye’deki Endonezyal? Ö?renciler Birli?i (Türkiye’deki EÖB) telah terdaftar sebagai perhimpunan pelajar dan mahasiswa Indonesia berbadan hukum. Legalitas ini tercatat sejak 3 Juni 2021.

    Secara administrasi dan hukum, PPI Turki telah sah sebagai lembaga yang diakui oleh negara.  Hal ini merupakan gebrakan besar Kabinet Bumi Inspirasi pimpinan Hilda Farida di periode 2021/2022 ini.

     



    Pasalnya, langkah untuk melegalkan perhimpunan pelajar ini telah lama dicanangkan dan diwacanakan sejak beberapa tahun sebelumnya. "Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa proses legalitas ini berjalan lancar," kata Hilda dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu 7 Juli 2021.

    Saat ini terdapat lebih dari 1.750 pelajar dan mahasiswa asal Indonesia yang menimba ilmu di Turki.  Angka tersebut terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

    Dengan adanya legalitas PPI Turki ini, diharapkan dapat berdampak pada keamanan dan kenyamanan, serta kemudahan para pelajar Indonesia dalam menempuh studi di negara dua benua tersebut.

    Selain itu, pengesahan ini sangat linier dalam menjalankan fungsi organisasi PPI Turki secara demokratis, independen dan bertanggungjawab di berbagai program kerja sesuai dengan syarat dan ketentuan undang-undang di Indonesia serta AD/ART yang dianut. Program kerja yang dimaksud di antaranya yaitu Mentari dari Turki, Career Coaching, Athan Cup, Visit to School, dan Sekolah Pemimpin Muda.

    Selain legalitas, PPI Turki juga telah membuka akun rekening bank atas nama Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki (PPI Turki). Pembukaan rekening ini dimaksudkan untuk mempermudah urusan keuangan organisasi, sehingga dapat dengan mudah dikontrol dan lebih transparan.

    Saat ini, segala bentuk penggalangan dana, kerja sama (partnership) dan sponsorship hingga pencatatan kebendaharaan bisa dilakukan dengan aman tanpa melalui pihak ketiga.
    Lebih lanjut, legalnya PPI Turki merupakan sebuah langkah awal penting dan esensial untuk menjaga keberlanjutan dan keberlangsungan organisasi dalam jangka panjang.

    Baca juga:  KBRI Tokyo Gelar Wayang Kulit Berbahasa Jepang

    Perlindungan dan bantuan hukum saat ini bisa ditempuh, aset organisasi bisa dijaga, status PPI Turki lebih kredibel di mata pemerintah dan masyarakat.  Hingga potensi untuk tumbuh bisa tercapai secara optimal dan maksimal mengingat terdapat ratusan pelajar/mahasiswa Indonesia yang datang ke Turki setiap tahunnya.

    Per tanggal 3 Juni 2021, organisasi yang berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila ini telah disahkan oleh Dr. Prima Angkupi selaku notaris (S.K. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU – 00474.AH.02.01. Tahun 2015 Tanggal 19 Agustus 2015) di kota Metro.
    Kini, organisasi yang berdiri sejak 13 Maret 2010 ini memiliki kedudukan di Indonesia tepatnya di Pogung Lor No.136, RT.001/RW.046, Pogung Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id