comscore

87 Profesor Indonesia dan Luar Negeri Kolaborasi Dalam WCP

Ilham Pratama Putra - 09 Desember 2021 12:12 WIB
87 Profesor Indonesia dan Luar Negeri Kolaborasi Dalam WCP
Plt Dirjen Diktiristek Nizam. Zoom. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Sebanyak 87 profesor baik dari dalam maupun luar negeri saling berkolaborasi dalam World Class Professor (WCP) 2021. Hasil kolaborasi 76 profesor luar negeri termasuk Diaspora dan 11 profesor dalam negeri itu berujung pada menghasilkan publikasi internasional.

Plt. Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam mengungkapkan WCP turut mendongkrak jumlah publikasi internasional dari Indonesia.  Pada tahun ini setidaknya ada 50 ribu jurnal yang terpublikasi.
"Dari sekitar 8 ribu publikasi internasional per tahun, tahun ini sudah 50 ribu per tahun," ujar Nizam dalam Anual Seminar WCP, Kamis, 9 Desember 2021.

Menurut Nizam, publikasi internasional Indonesia meningkat signifikan. Bahkan terbilang peningkatannya sebesar 600 persen dalam enam tahun terakhir.

Dia pun memastikan, jika 50 ribu jurnal yang terpublikasi di tahun ini juga bukan jurnal abal-abal. Jurnal tersebut telah terindeks di Scopus.

Baca: Rektor Unair: Riset Guru Besar Harus Dihilirisasi Jadi Produk

"Angka 50 ribu itu angka dari Schimago Journal Ranking, artinya publikasi yang masuk dalam radar scopus, belum termasuk jurnal-jurnal yang predator atau yang tidak terindeks secara internasional," sebutnya.

Dia berharap, kepada para profesor untuk terus giat dalam karya ilmiah untuk menghasilkan publikasi. Terlebih mengingat kenaikan pangkat juga diukur dari publikasi.

"Saya ucapkan selamat pada para profesor kelas dunia yan enam bulan ini berinteraksi mengembangkan penelitian, publikasi. Semoga semua itu berdampak bagi masyarakat, tidak hanya kampus tapi masyarakat luas," tutup dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id