Hasil Asesmen 'Pengganti UN' Ibarat Rapor Sekolah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 Februari 2020 15:04 WIB
    Hasil Asesmen 'Pengganti UN' Ibarat Rapor Sekolah
    Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
    Jakarta:  Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Doni Koesoema menjelaskan, hasil Asesmen Kompetensi Minimum sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) nantinya akan lebih komprehensif menilai sekolah.  Sehingga hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sekolah.

    "Itu kan semacam memberikan rapor bagi sekolah.  Sekolah ini kemampuan literasi seberapa, bukan untuk menilai individu per individu, sehingga dengan rapor seperti ini menjadi warning bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sekolah," terang Doni kepada wartawan usai pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Senin, 3 Februari 2020.

    Selain itu, rapor tersebut juga menjadi lampu kuning bagi Kepala Sekolah agar mentransformasikan atau mengubah pendidikan jadi kompetensi minimal.  "Saya dengar tadi tidak untuk dipakai individu per individu, tentu ada kaitannya individu per Individu. Jadi untuk mentransformasikan pendidikan jadi lebih baik," terangnya.

    Doni juga menjelaskan, dengan adanya program 'Merdeka Belajar', BSNP saat ini tengah melakukan sinkronisasi Standar Nasional Pendidikan. Sebelumnya BSNP sudah melakukan revisi pada 8 SNP.

    "Sekarang kan tinggal finalisasi karena ada perubahan kebijakan 'Merdeka Belajar', maka kami perlu menyesuaikan diri," jelasnya.

    Doni menjelaskan, salah satunya soal standar pendidikannya, di dalamnya ada Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam Merdeka Belajar, Nadiem mengataikan RPP akan disederhanakan.

    "Kemudian standar isi bagaimana nanti ke depan. Jadi kami memang sedang mempersiapkan beberapa hal yang memang kita selaraskan dengan visi Merdeka Belajar itu," jelasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id