Politeknik Didorong Buka Program S2 Terapan Prodi Unggulan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Mei 2020 09:06 WIB
    Politeknik Didorong Buka Program S2 Terapan Prodi Unggulan
    Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia Zainal Arief. Zoom
    Jakarta: Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia Zainal Arief berharap Politeknik yang mempunyai pogram studi unggulan bisa membuka program S2 atau Magister terapan. Terutama, yang mempunyai keunggulan di bidang konstruksi, pertanian ataupun perikanan.

    Zainal menuturkan program magister terapan masih didominasi program studi berbasis teknik dan manajemen. Contohnya elektro, informatika,  manajemen dan akutansi. Makanya, perlu pembukaan program studi yang belum ada dan itu merupakan unggulan dari politeknik tersebut.

    "Harapannya politeknik yang mempunyai unggulan di bidang pertanian perikanan atau kontruksi punya S2 terapan sebagai lanjutan dari Sarjana terapan," kata Zainal dalam dalam peluncuran secara daring Program S2 Terapan Sistem Informasi Akutansi Politeknik Negeri Padang (PNP) , Jumat, 29 Mei 2020.

    Direktur Poleteknik Elektro Negeri Surabaya ini mengatakan, dalam pembukaan S2 terapan ini juga harus memperhatikan kebutuhan masyarakat. Itu kenapa politeknik diharapkan bermitra dengan industri, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

    "Prodi ini untuk membantu UMKM, sebagai partner pernikahan kita untuk misalkan kuliner, pariwisata, pertanian," ujarnya.

    Baca: Empat Politeknik Buka Program S-2 Terapan

    Ia pun mengusulkan perlu juga dibuka S3 terapan. Ia berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Sekolah Vokasi bisa mengakomodasi hal tersebut.

    "Harapannya kementerian bisa mengakomodasi teman-teman politeknik yang siap membuka S3 terapan," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id