Festival Film Indonesia 2020

    53 Film Indonesia Bakal Bersaing Rebut Piala Citra

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 16 Juni 2020 22:09 WIB
    53 Film Indonesia Bakal Bersaing Rebut Piala Citra
    Komite Penjurian dan Seleksi FFI Nia Dinata. Foto: Zoom
    Jakarta: Sebanyak 53 film bakal dikurasi dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Film yang masuk daftar kurasi ini tayang di bioskop medio Oktober 2019 hingga Maret 2020.

    "Kami sudah mengumpulkan 53 film panjang yang sudah bisa diakses oleh kurator," kata Komite Penjurian dan Seleksi FFI Nia Dinata dalam konferensi video, Selasa, 16 Juni 2020.

    Puluhan film ini akan bersaing masuk nominasi guna menyabet Piala Citra. Nia mengakui pengumpulan film untuk diseleksi dalam ajang FFI tahun ini tak mudah, karena berlangsung di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    Tahun-tahun sebelumnya, kata Nia, setidaknya ada dua judul film panjang yang tayang di bioskop dalam sepekan. Namun, akibat covid-19 bioskop tutup dan proses produksi film juga terhenti.

    Sutradara sekaligus produser ini mengatakan proses kurasi film akan dilakukan tujuh kurator. Proses kurasinya akan dilakukan secara daring.

    Baca: Komite Siapkan Opsi Malam Anugerah FFI Secara Daring

    FFI 2020 resmi diluncurkan secara virtual pada Minggu, 14 Juni 2020. Tahun ini, ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman Indonesia itu mengusung tema 'satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia'. 

    Malam nominasi FFI 2020 dijadwalkan berlangsung 7 November 2020. Sedangkan, malam anugerah FFI 2020 direncakan digelar 5 Desember 2020. Penyelenggara menyiapkan dua opsi helatan dua kegiatan ini, yakni di satu tempat seperti biasa, dan virtual. Opsi virtual bakal dipilih jika pada waktunya tidak memungkinkan menggelar sebuah acara di satu tempat akibat pandemi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id