PPDB DKI Jakarta

    Seleksi Jalur Prestasi Gunakan Penilaian Akreditasi Sekolah Dinilai Keliru

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Juni 2020 17:50 WIB
    Seleksi Jalur Prestasi Gunakan Penilaian Akreditasi Sekolah Dinilai Keliru
    Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar
    Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memandang penggunaan nilai akreditasi sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi sebuah kekeliruan. Sebab, masih ada ketimpangan antara sekolah dengan yang akreditasinya baik dan tidak.

    "Menggunakan nilai akreditasi ini sebuah kekeliruan," ungkap Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listriyanti dalam konferensi pers secara daring, Senin, 29 Juni 2020.

    Menurut Retno, bakal terjadi ketidakadilan penilaian bila menggunakan akreditasi sekolah. Menurut Retno, seorang siswa yang memiliki nilai tinggi namun berasal dari sekolah yang akreditasinya rendah akan tersisih. Bagi Retno, seharusnya PPDB jalur prestasi lebih tepat menggunakan indikator prestasi-prestasi non akademik yang sudah diperoleh, baik ketika SD maupun SMP.

    "Misal begini, prestasi akademiknya 8,7, tapi ada poin lagi dia menang lomba misalnya paduan suara, berarti dia punya poin di bidang lain, menang tenis meja, bisa dihitung lewat prestasi akademik dan non akademik," terangnya.

    Baca: Dibuka 1 Juli, PPDB DKI Jalur Prestasi Akademik Utamakan Nilai Rapor

    Retno menyatakan PPDB jalur prestasi seharusnya tidak sekadar diukur berdasarkan nilai akademik yang diujikan. Siswa dengan kecerdasan di luar yang diujikan harus bisa pula mendapat kesempatan. 

    Retno menerangkan, ahli psikologi Howard Gardner menyatakan kalau manusia memiliki delapan kecerdasan, yakni bahasa, kinetik, musikal, matematis, naturalis, interpersonal, intrapersonal dan visual. Kecerdasan akademik, hanya salah satunya.

    "Kalau semua berdasarakan kecerdasan akademik lalu bagaimana yang tidak punya kecerdasan akademik? Punya kecerdasan lain, main piano, jadi host, jago lari," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id