comscore

Penurunan Skor PISA Bakal Memengaruhi Kecerdasan Peradaban

Ilham Pratama Putra - 23 Februari 2022 15:14 WIB
Penurunan Skor PISA Bakal Memengaruhi Kecerdasan Peradaban
Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan, Muhammad Rizal. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan, Muhammad Rizal, mewanti potensi penurunan skor  Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia karena pandemi covid-19. Dia menilai penurunan skor tidak hanya dimaknai sebagai rendahnya literasi dan numerasi peserta didik.

"Itu bukan sekedar nilai, tapi diikuti turunnya ambang batas kecerdasan kolektif peradaban masyarakat kita," ujar Rizal dalam Ngkaji Pendidikan Haruskah dengan Kurikulum untuk Mengubah Pendidikan? Dikutip Rabu 23 Februari 2022.
Dia khawatir capaian itu akan menjadi cerminan bangsa Indonesia ke depan. Sebab, anak yang saat ini berada di bangku sekolah dengan skor literasi dan numerasi rendah akan menjadi pemimpin negara.

"Ketika anak kita menduduki jabatan di negara ini, itu kemungkinnan kebijakan yang dilahirkan tidak memberikan value yang tinggi, karena masih minimnya kemampuan kita dalam merumuskan kebijakan, karena yang namanya kebijakan tentu membutuhkan banyak aspek," ujar dia.

Rizal menyebut anak-anak yang memiliki literasi dan numerasi rendah akan sangat lemah merumuskan kebijakan. Sebab, literasi dan numerasi rendah berbanding lurus dengan kemampuan berpikir.

"Sementara untuk menghadirkan kebijakan butuh kemampuan daya kritis dan nalar untuk mengintisari dan sintesakan semua macam fakta, aspirasi, dan sebagainya," tutur dia.

Baca: Skor PISA 2023 Diprediksi Turun, Kemendikbudristek: Tak Ada Perbaikan yang Instan
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id