comscore

ICMI Desak RUU Sisdiknas Dikaji Serius

Ilham Pratama Putra - 08 April 2022 17:11 WIB
ICMI Desak RUU Sisdiknas Dikaji Serius
Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Moh Najib. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Moh Najib, meminta Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) dikaji serius. Najib menyebut banyak materi yang mesti mendapat perhatian khusus agar UU Sisdiknas menjawab kebutuhan dunia pendidikan.

"Ada beberapa materi dari substansi RUU ini tentu mendapat kajian serius, terlebih hal ini akan masuk agenda prolegnas DPR RI," kata Najib dalam webinar kajian RUU Sisdiknas, Jumat, 8 April 2022.
Dia menyebut kajian serius diperlukan untuk menghindari kegaduhan di masyarakat. Seperti, isu hilangnya penyebutan Madrasah dalam RUU Sisdiknas.

"Berapa substansi yang ada dalam draf RUU Sisdiknas ini yang dirasakan tidak memadai atau tidak mengakomodasi sistem penyelenggaraan pendidikan yang ada di Indonesia, terutama waktu itu adalah bentuk pendidikan dengan nomenklatur Madrasah," sebut dia.

Najib menyebut terlepas dari pro dan kontra, RUU Sisdiknas merupakan hajat hidup orang banyak. Dia meminta ada upaya sosialisasi yang lebih masif terkait RUU Sisdiknas.

"Hal ini menyangkut semua kebutuhan masyarakat Indonesia, menyangkut sektor yang sangat strategis, dan berorientasi jangka panjang. Maka, ini sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat dan juga banyak mendapatkan masukan-masukan dari berbagai komponen bangsa, terutama dari akademisi, guru, pelaku pendidikan, pegiat pendidikan, dan juga organisasi kemasyarakatan yang menyelenggarakan pendidikan," tutur dia.

Baca: ICMI: UU Sisdiknas Harus Dibuat Paling Update
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id