comscore

Kemendikbudristek Sebut Skor PISA Indonesia Belum Membaik Dalam 20 Tahun Terakhir

Ilham Pratama Putra - 07 Juni 2022 13:06 WIB
Kemendikbudristek Sebut Skor PISA Indonesia Belum Membaik Dalam 20 Tahun Terakhir
Ilustrasi: MI/Gino Hadi
Jakarta: Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo menyebut skor Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia diprediksi belum akan membaik. Bahkan masih jauh dari rata-rata dari skor yang ada selama 20 tahun terakhir.

"Kalau kita lihat data skor PISA 20 tahun belakang, kita tidak berhasil meningkatkan skor rata-rata kita," kata pria yang akrab disapa Nino itu dalam Temu Inovasi #13 yang disiarkan di kanal YouTube BSKAP Kemendikbudristek, Selasa 7 Juni 2022.
Menurut Nino, skor PISA yang belum membaik ini juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di Tanah Air. Di mana kondisi ekonomi membuat ketimpangan jalannya pendidikan di Tanah Air.

"Kita harus akui ada ketimpangan yang besar dalam sistem pendidikan kita, sejalan dengan ada ketimpangan antarwilayah atau kelompok sosial dan ekonomi. Dan kesenjangan kaya dan miskin itu tidak mengecil juga," tuturnya.

Kondisi kesenjangan pendidikan ini pun kian diperparah dengan hadirnya pandemi covid-19. Learning loss yang kerap dibicarakan hari ini, sejatinya telah terjadi sebelum pandemi.

"Namun hikmah dari pandemi ini kita jauh lebih sadar bahwa kita mengalami krisis belajar itu, baik dari sisi kualitas atau keadilannya. Makanya semua orang bicara learning loss, pentingnya memastikan anak-anak belajar di sekolah, ini bukan hal yang baru tapi diperparah pandemi," tutupnya.

Baca juga: Literasi Membaca Jadi Fondasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id