comscore

Forum Rektor Indonesia Dorong Kampus Prioritaskan Kuliah Daring Dulu

Ilham Pratama Putra - 05 Februari 2022 10:09 WIB
Forum Rektor Indonesia Dorong Kampus Prioritaskan Kuliah Daring Dulu
Rektor UGM, Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Jakarta: Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Panut Mulyono meminta perguruan tinggi untuk kembali menggelar kuliah secara daring. Hal ini tak lepas dari meningkatnya kasus covid-19 varian omicron di Indonesia.

"Melihat jumlah kasus Omicron naik cukup tajam, maka perkuliahan di perguruan tinggi sebaiknya diprioritaskan secara daring," kata Panut kepada Medcom.id, Jumat 4 Februari 2022.
Menurutnya, dengan dikembalikannya perkuliahan daring, maka hal tersebut dapat meminimalisir penularan covid-19 di lingkungan perguruan tinggi. Dikembalikannya perkuliahan daring juga untuk menjaga kondisi kesehatan warga perguruan tinggi.

"Untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi dan demi menjaga kesehatan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa," tegas dia.

Panut meminta perguruan tinggi untuk menahan perkuliahan tatap muka pada saat ini. Setidaknya hingga kasus covid-19 di Tanah Air kembali mereda.

"Jika kondisi sudah membaik maka kuliah tatap muka bisa dimulai kembali," ujarnya.

Baca juga:  Daerah PPKM Level 2 Diizinkan Kembali Gelar PTM Terbatas Kapasitas 50%

Sebelumnya, Satuan pendidikan yang berada dalam wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua diizinkan untuk kembali menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan kapasitas 50 persen. Aturan ini diberlakukan mengingat peningkatan penyebaran virus covid-19 varian omicron di Indonesia.
 
"Mulai hari ini, daerah-daerah dengan PPKM level 2 disetujui untuk diberikan diskresi untuk dapat menyesuaikan PTM dengan kapasitas siswa 100 persen menjadi kapasitas siswa 50 persen," kata Sekjen Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Suharti dalam keterangannya, Kamis 3 Februari 2022.
 
Ia menekankan di dalam aturan tersebut terdapat kata "dapat". Artinya, bagi daerah PPKM level dua yang siap melaksanakan PTM Terbatas sesuai SKB Empat Menteri dan tingkat penyebaran covid-19 terbilang terkendali, maka PTM kapasitas 100 persen tetap bisa dijalankan.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id