comscore

Mengenal Metodologi Penelitian Sosial: Kualitatif dan Kuantitatif

Medcom - 19 Mei 2022 21:12 WIB
Mengenal Metodologi Penelitian Sosial: Kualitatif dan Kuantitatif
Ilustrasi. Pexel
Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom stalking media sosial seseorang? Dalam ilmu sosiologi, stalking dikenal sebagai penelitian sosial. Namun, stalking dalam sosiologi tentunya lebih ilmiah dan objektif.

Dalam penelitian sosial, peneliti mencari informasi sedemikian rupa guna membuktikan teori maupun fenomena yang ada. Hal ini dilakukan dengan berbagai langkah, mulai dari perencanaan hingga penarikan kesimpulan.
Salah satu langkah itu ialah metodologi atau pendekatan penelitian. Pendekatan merupakan cara pikir untuk mendapatkan gambaran dari awal menyusun rumusan masalah hingga menarik kesimpulan penelitian.

Metodologi penelitian sosial dibagi menjadi dua, yakni kualitatif dan kuantitatif. Lantas, apa perbedaannya? Dikutip dari Zenius, berikut pembahasannya:

Metodologi Kualitatif

Penelitian kualitatif berlandaskan fenomena khusus yang tidak bermaksud untuk menguji teori, melainkan berusaha melakukan penggambaran mendalam terkait fenomena tersebut. Itulah sebabnya, penelitian ini disebut juga sebagai penelitian induktif. 

Data penelitian kualitatif diperoleh melalui subjek penelitiannya langsung. Kemudian, data tersebut dipaparkan dalam bentuk narasi.

Hasil data itu nantinya digunakan untuk mengembangkan teori yang sudah ada. Dengan kata lain, ini harus memaparkan fakta yang tidak dijelaskan pada teori terdahulu.

Metodologi Kuantitatif

Kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan untuk memahami fenomena bersifat umum. Ini disebut juga sebagai penelitian deduktif, sebab teori yang bersifat umum itu diuji kebenarannya melalui satu fenomena bersifat khusus.

Dalam pelaksanaannya, pendekatan ini dilakukan dengan melibatkan banyak orang sebagai subjek penelitian. Untuk memperoleh data dari seluruh subjek penelitian, peneliti biasanya menggunakan kuesioner yang dibagikan secara luring maupun daring.

Setelah terkumpul, data tersebut harus diolah terlebih dahulu. Kemudian, hasil olahan data itu barulah dijabarkan menggunakan angka-angka pengukuran.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan pendekatan kualitatif merupakan penelitian induktif yang mengangkat fenomena khusus guna mengembangkan teori terdahulu. Data diperoleh dari subjek penelitiannya langsung, kemudian dijabarkan menggunakan kata-kata atau narasi.

Sedangkan, pendekatan kuantitatif merupakan penelitian deduktif yang mengangkat fenomena umum, kemudian mengujinya dengan teori khusus. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dijabarkan melalui angka-angka pengukuran. (Nurisma Rahmatika)

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id