PTM Terbatas, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan Sekolah

    Arga sumantri - 09 April 2021 14:35 WIB
    PTM Terbatas, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan Sekolah
    Ilustrasi. PTM terbatas salah satu sekolah di Jakarta. Foto: MI/Andri Widiyanto



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menekankan, sekolah wajib melayani pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas apabila guru dan tenaga kependidikannya sudah menjalani vaksinasi covid-19. Namun demikian, keputusan mengirim anak ke sekolah tetap ada pada orang tua murid.

    "Dalam hal ke sekolah, merupakan kewenangan orang tua, kalau merasa sudah mantap, maka anaknya bisa diizinkan ke sekolah," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Jumeri dalam keterangannya, Jumat, 9 April 2021.






    Demi kenyamanan dan keamanan para peserta didik ketika PTM terbatas, Jumeri menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilakukan sekolah. Pertama, sekolah harus membentuk gugus tugas yang beranggotakan pihak internal dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan, kelurahan, dan orang tua siswa. 

    Tahapn kedua, sekolah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk memastikan anak-anak dan guru-guru aman seperti menyiapkan toilet bersih dan air bersih.  Ketiga, setiap kelas harus ada tempat cuci tangan. Keempat, sekolah menyediakan thermogun agar bisa menyeleksi orang yang masuk ke sekolah. 

    "Ketika ditemukan suhu personilnya melebihi batas, silakan diisolasi agar tidak kemudian masuk ke lingkungan sekolah," jelasnya.

    Baca: PTM Terbatas, Peran Orang Tua Peserta Didik Tetap Dibutuhkan

    Tahapan kelima, sekolah wajib menyiapkan masker dan hand sanitizer cadangan ketika warga sekolah lupa membawa. Keenam, sekolah menyiapkan prosedur operasional standar (POS) untuk mengarahkan, membimbing, dan memandu warga sekolah agar bisa berperilaku sehat. 

    "Persiapan berangkat dari rumah, di kendaraan bagaimana, pemeriksaan di sekolah, kalau panas tinggi, kalau sakit harus di rumah. Kemudian komorbid harus bertahan di rumah. Sekolah mempersiapkan sarana promosi edukasi di lingkungan sekolah untuk mengingatkan warga sekolah agar menjaga 5M," paparnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id