15 Ribu Siswa Berebut Masuk Madrasah Aliyah Unggulan

    Ilham Pratama Putra - 26 Februari 2021 11:20 WIB
    15 Ribu Siswa Berebut Masuk Madrasah Aliyah Unggulan
    Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.



    Jakarta: Sebanyak 15.292 siswa akan bertarung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Unggulan Kementerian Agama (Kemenag) bersistem asrama. Dari 15 ribu siswa, nantinya hanya akan ada 2.883 siswa yang diterima.

    "Para pendaftar itu akan memperebutkan 2.883 kursi yang tersedia di 23 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, 17 MAN Program Khusus, dan dua Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN)," terang Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani dalamm keterangannya, Jumat, 26 Februari 2021.






    Pelaksanaan seleksi berlangsung pada 27 dan 28 Februari 2021 yang bertempat di 61 lokasi. Sekolah yang diperebutkan tersebut merupakan sekolah unggulan yang menjadi andalan Kemenag dalam berbagai tipe madrasah.

    "MAN Insan Cendekia merupakan madrasah sains yang menfokuskan diri pada ilmu pengetahuan dan teknologi," jelas Ali.

    Baca: 11.071 Peserta SNMPTN 2021 Mengincar ITS

    Selanjutnya, MAN Program Khusus adalah madrasah berciri khas keagamaan Islam yang menitikberatkan pada disiplin ilmu agama dan bahasa Arab. Sedangkan MAKN berfokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan.

    "Ketiga jenis madrasah ini memiliki kekhasan dalam muatan Agama yang lebih tinggi daripada sekolah umum," terang dia.

    Menurutnya, jumlah pendaftar pada tahun ini meningkat tipis dari pada tahun lalu. Pada 2020, terdapat 15.019 pendaftar MAN unggulan Kemenag. "Ini pertanda Madrasah semakin favorit dan dipercaya orang tua siswa," ungkapnya.

    Naiknya kepercayaan publik, kata dia, merupakan buah dari upaya peningkatan mutu madrasah. Ali menambahkan, seleksi peserta didik baru ini merupakan salah satu instrumen menjaring peserta didik yang potensial.

    Adapun serangkaian tes ujian ialah tes potensi skolastik, peserta didik akan diuji mulai dari kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif atau numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian. Selain itu, ada tes potensi akademik yang meliputi bidang studi Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id