comscore

UIII Mulai Kuliah Tatap Muka Senin

Citra Larasati - 05 Maret 2022 10:30 WIB
UIII Mulai Kuliah Tatap Muka Senin
Kampus UIII. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta:  Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan memulai perkuliahan tatap muka (offline) mulai Senin, 7 Maret 2022.  Kuliah tatap muka akan diikuti oleh seluruh mahasiswa penerima program UIII Scholarship baik dari dalam maupun luar negeri.

Sebelumnya, perkuliahan pada semester lalu yang dimulai pada 20 September 2021, dilakukan sepenuhnya secara virtual, mengingat situasi pandemic Covid-19 yang memburuk.  Wakil Rektor UIII Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Bahrul Hayat mengatakan, bahwa sesuai Kalender Akademik, perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 akan dimulai pada Senin, 7 Maret secara tatap muka.
Kecuali untuk beberapa mata kuliah yang diampu oleh dosen internasional akan dilakukan secara hybrid. “Pimpinan UIII sudah menetapkan hal ini setelah mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk semakin membaiknya kondisi Covid-19,” tandasnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Maret 2022.

Menyusul ketetapan tersebut, para mahasiswa pun mulai menghuni asrama kampus yang sudah siap 100 persen untuk ditempati. Sejak tanggal 27 Februari 2022 lalu secara bertahap para mahasiswa dari luar negeri mulai tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Setelah menjalani proses keimigrasian dan test PCR mereka menuju hotel untuk menjalani karantina sesuai peraturan Pemerintah RI. Saat ini sebagian besar mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri sudah berada di asrama kampus UIII.

Beberapa di antaranya masih dalam perjalanan atau menjalani karantina. Health and safety ptotocol juga akan terus diterapkan selama perkuliahan dan selama mahasiswa berada di kampus.  Bahrul Hayat menambahkan, bahwa perkuliahan tatap muka dimaksudkan agar mahasiswa berada di kampus untuk membangun budaya akademik dan intensitas pembelajaran melalui interaksi intensif antara mahasiswa dengan dosen dan antara mahasiswa dari dalam dan luar negeri sebagai sivitas akademika.

Rektor UIII, Komaruddin Hidayat mengaku bahagia dengan dimulainya perkuliahan tatap muka setelah satu semester sebelumnya ia hanya berjumpa secara virtual dengan para mahasiswanya. “Saya mengucapkan selamat datang kepada teman-teman mahasiswa UIII baik yang datang dari berbagai kota di Indonesia maupun dari mancanegara. Bersama UIII mari kita membangun masa depan yang penuh optimisme dan ceria,” ujarnya. 

Baca juga:  Wapres Instruksikan UIII Buka Program Studi Khusus

Selanjutnya para mahasiswa yang sudah menghuni asrama akan mengikuti acara Welcome Week berupa perkenalan tatap muka, sosialisasi fakultas, dan City Tour Jakarta. Dalam rangkaian Welcome Week ini mahasiswa juga akan diajak bertemu dengan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengunjungi taman wisata Kebun Raya Bogor, dan bersepeda sehat bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id