FSGI Tuding Sebagian Anggaran Subsidi Kuota Berpotensi Tak Terpakai

    Ilham Pratama Putra - 23 Oktober 2020 20:16 WIB
    FSGI Tuding Sebagian Anggaran Subsidi Kuota Berpotensi Tak Terpakai
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyebut bantuan subsidi kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud) tak tersalurkan sepenuhnya. Dari 54.011.886 nomor ponsel yang terverifikasi dan tervalidasi, Kemendikbud baru menyalurkan bantuan kepada 27.305.495 nomor ponsel pada tahap pertama per 29 September 2020.

    "Dengan kondisi ini maka sekitar 49,5 persen anggaran yang sudah disiapkan, sekitar Rp3,6 triliun (total anggaran Rp7,2 triliun), berpotensi terbuang sia-sia," kata Sekjen FSGI Heru Purnomo, dalam keterangannya, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Ia meragukan klaim Kemendikbud yang menyebut jumlah nomor ponsel penerima akan meningkat seiring dengan pemutakhiran data. Sebab, kata dia, hasil monitoring FSGI menunjukkan tak ada peningkatan signifikan dari jumlah nomor ponsel yang masuk.

    "Per 26 September 2020 ada sekitar 26.626.565 nomor ponsel siswa yang sudah unduh SPTJM tetapi per 3 Oktober 2020, bukan naik malah berkurang menjadi 26.621.221 karena ada SPTJM yang ditolak," ujar Heru.

    Baca: Unusa Berkomitmen Kembangkan Soft Skill Mahasiswa

    Menurut Wakil Sekjen FSGI Fahriza Tanjung, perencanaan program bantuan kuota Internet ini tidak dilakukan dengan cermat. Kondisi ini diduga akibat tidak akuratnya data implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di lapangan.

    "Kami menduga bahwa ada potensi dalam tanda kutip buang-buang uang negara," ujar Fahriza.

    Pembatasan pemakaian kuota umum dan belajar juga dinilai menjadi masalah. Sebab, aplikasi yang bisa diakses kuota belajar layanan populer yang digunakan selama PJJ. 

    "Aplikasi yang menjadi rujukan pada Kuota Belajar juga memiliki tingkat penggunaan yang rendah rata-rata dibawah 30 persen. Aplikasi diluar Kuota Belajar cenderung menunjukkan lebih banyak responden yang sering menggunakannya," kata Fahriza.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id