Lintas Prodi Tidak Disarankan Saat SNMPTN, Ini Penjelasan LTMPT

    Ilham Pratama Putra - 22 Februari 2021 14:01 WIB
    Lintas Prodi Tidak Disarankan Saat SNMPTN, Ini Penjelasan LTMPT
    Ilustrasi. Foto: MI


    Jakarta:  Para pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 diminta mengisi PTN tujuan dan program studi (prodi) pilihan. Banyak dari peserta yang ingin melakukan lintas jurusan saat memilih prodi yang berbeda dengan jurusannya di sekolah asal.

    Misalnya, siswa dengan latar belakang jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki minat untuk kuliah di bidang sains. Begitu pula dengan siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang ingin berkuliah di prodi-prodi sosial.




    "Lintas prodi untuk jalur SNMPTN itu tidak ada larangan, atau enggak ada kata-kata tidak diizinkan atau tidak boleh," kata Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo, kepada Medcom.id Senin, 22 Februari 2021.

    Baca juga:  Unsoed: Sangat Tidak Disarankan Lintas Prodi di SNMPTN

    Meskipun begitu, Budi memberi saran agar lintas jurusan tidak dilakukan peserta. Utamanya bagi peserta dengan jurusan IPS yang ingin mengambil prodi-prodi berkaitan dengan IPA.

    Hal itu berkaitan dengan tingkat keberhasilan siswa saat menjalani kuliah. Banyak siswa IPS kata dia, malah gagal saat mengikuti perkuliahan di prodi-prodi IPA.

    Baca juga:  LTMPT Bocorkan Cara Sederhana Mengukur Peluang Lolos SNMPTN

    "Anak IPA kalau ambil jurusan IPS itu banyak dan berhasil dengan baik. Kalau anak IPS kok mengambil kedokteran, teknik, kalaupun bisa (lolos) itu tingkat kegagalannya (saat kuliah) tinggi," jelas Budi.

    Menurutnya hal itu pula yang membuat banyak peserta lintas jurusan tak diprioritaskan lolos SNMPTN. Sebab PTN yang dituju melihat dan memiliki banyak historis jika menerima siswa lintas jurusan, malah berakhir kegagalan saat menjalani kuliah.

    "Karena kalau kita SNMPTN itu prinsipnya perguruan tinggi yang menilai berdasarkan historikal sekolah dan siswa," pungkasnya. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id