Unhas-Universitas Saga Jepang Jalin Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

    Antara - 12 Februari 2021 21:20 WIB
    Unhas-Universitas Saga Jepang Jalin Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa
    Sosialisasi program pertukaran pelajar Unhas dan Universitas Saga Jepang secara virtual. Dok Antara
    Makassar: Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bersama Universitas Saga Jepang melakukan kerja sama program pertukaran mahasiswa 2021. Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unhas Karmila Mokoginta mengatakan, telah melakukan sosialisasi agar mahasiswa mengetahui secara jelas terkait pertukaran program yang ditawarkan, sehingga bisa memilih sesuai dengan minatnya.

    Sekretaris KUI Unhas Nurul Ichsani menjelaskan, Saga University Exchange program menawarkan enam pilihan kategori. Salah satunya, program Space-E yang dalam pelaksanaannya menggunakan bahasa Inggris dan dikhususkan untuk mahasiswa sarjana.

    Sementara, General Exchange Student diikuti mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang dapat mengambil hampir semua mata pelajaran dalam bahasa Jepang. Juga ada Space-Arita yang nantinya mahasiswa mendapatkan pelajaran dalam bahasa Inggris. Program ini hanya untuk mahasiswa sarjana dan difokuskan pada bidang produksi porselen.

    Selain itu, ada juga program Space-Econ, Space-SE dan program yang khusus melakukan riset.

    Baca: Setelah Dua Dekade, Prodi Teknologi Pangan Unsoed Akhirnya Raih Akreditasi A

    Setiap program yang ditawarkan memiliki sistem dan kriteria tertentu dengan dua tahapan awal yakni sistem nominasi yang dilakukan oleh Unhas, pada 1 April 2021. "Setelah dinominasikan kemudian mengirimkan dokumen terkait dari mahasiswa selambat lambatnya 15 April," jelas Nurul.

    Terkait persyaratan, Nurul menyampaikan pelamar harus terdaftar sebagai mahasiswa sarjana ataupun pascasarjana di universitas asal yang telah melakukan kerja sama dengan Saga University.

    Sedangkan, untuk enam program yang tersedia ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Misalnya bagi pelamar Space-E, yang harus menyelesaikan setidaknya dua tahun studi di institusi asal.

    Pelamar untuk program research student sebelumnya telah menghubungi profesor dari Universitas Saga dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan dosen.

    Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program tersebut dan ingin mengetahui secara mendetail dapat melihat di website https://www.irdc.saga-u.ac.jp/en/interest/space.html atau mengunjungi langsung Kantor Urusan Internasional Unhas yang berada di Lt.6 Gedung Rektorat Unhas.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id