Wacana Rektor Asing Diprediksi Tidak akan Efektif

    Anggi Tondi Martaon - 20 Agustus 2019 11:38 WIB
    Wacana Rektor Asing Diprediksi Tidak akan Efektif
    Ilustrasi: Rektor asing (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Wacana mendatangkan rektor asing untuk memimpin perguruan tinggi negeri (PTN) masih menuai kontra. Keberadaan rektor asing dinilai bukan solusi tepat untuk meningkatkan peringkat PTN.

    "Karena memang antara problem dan solusi yang ditawarkan oleh pemerintah tidak nyambung," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih kepada Medcom.id, di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2019.

    Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan sedikitnya lima PTN akan dipimpin rektor terbaik dari luar negeri pada 2024. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas PTN dalam menciptakan lulusan pada era persaingan global.

    Kehadiran tenaga pendidik asing berkualitas diharapkan dapat menjadi daya dorong bagi perguruan tinggi (PT) di Indonesia untuk memperbaiki sistem pendidikan, sehingga menghasilkan sumber daya manusia bermutu tinggi.

    Namun, Abdul Fikri Faqih menyebutkan, wacana tersebut justru mendapat penolakan dari sejumlah guru besar PT.

    "Sudah ada guru besar dari UI (Universitas Indonesia) yang menanggapi bila analoginya dengan Singapura tidak tepat," kata dia.

    Salah satu poin yang dianggap tidak sinkron yaitu alasan wacana mendatangkan rektor asing. Pemerintah berkaca pada pengalaman negara lain yang sudah menerapkan kebijakan tersebut. Misalnya, Universtias Teknologi Nanyang, Singapura. Kampus yang berdiri pada 1991 itu masuk dalam daftar 12 universitas terbaik dunia karena dipimpin rektor asing. 

    Begitu pula dengan universitas di Arab Saudi. Mereka mampu memperbaiki posisinya di tingkat internasional dari peringkat 800 menjadi 189 terbaik di dunia.

    Fikri sangsi wacana tersebut akan berhasil diterapkan di Indonesia. Sebab, telah menuai penolakan langsung dari PT, bahkan sebelum wacana tersebut resmi disahkan.

    "Para dosen dan guru besar itu yang akan melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Rektor hanya salah satu di antara elemen di PT. Mestinya melakukan komunikasi yang baik dengan mereka agar cita-cita memajukan PT sukses," ujar dia.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id