80 Persen SMP Negeri di Payakumbuah Kekurangan Siswa

    Antara - 09 Juli 2019 20:03 WIB
    80 Persen SMP Negeri di Payakumbuah Kekurangan Siswa
    ilustrasi. MI/Gino Hadi.
    Payakumbuh:  Hanya dua dari 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Payakumbuh, Sumatera Barat, yang memenuhi kuota siswa dalam sistem zonasi untuk tahun ajaran baru 2019/2020. 

    "Baru SMPN 1 dan SMPN 4 yang kuota siswanya terpenuhi, yang lain masih banyak kurang," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh, Agustion di Payakumbuh, Selasa, 9 Juli 2019.

    Ia menambahkan, sebanyak delapan sekolah dari 10 SMPN yang ada di Payakumbuh tak dapat memenuhi kuota siswa untuk tahun ajaran baru.  "Delapan sekolah itu ada yang kurang satu kelas dan setengah kelas," ujarnya.

    Ia menyebutkan, kekurangan siswa di beberapa SMP itu terjadi karena kuota siswa yang tersedia di SMPN lebih banyak dari tamatan Sekolah Dasar/Madrasah ibtidaiyah (SD/MI) di Payakumbuh. "Tamatan SD/MI di Payakumbuh sebanyak 2.900 sedangkan kuota SMPN kita ada 3.200 kursi, bahkan ada yang menyambung ke SMP luar daerah," ungkapnya.

    Baca:  Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi

    Selain itu cukup banyaknya Madrasah Tsanawiah (MTs) ataupun SMP swasta di Kota Payakumbuh juga turut menjadi penyebabnya.  "MTs dan sekolah swasta juga lebih dahulu melakukan penerimaan, otomatis anak kita yang memilih sekolah di MTs atau sekolah swasta, kuota SMPN berkurang," ujarnya.

    Agustion mengaku untuk beberapa SMPN yang terletak di pinggiran kota yang berbatasan
    langsung dengan Kabupaten Limapuluh Kota, pihaknya tetap menerima siswa.  "Jadi meskipun warga kabupaten, tapi sekolah kita dekat dengan rumah mereka, kita terima. Sejauh ini belum ada komplain dari Kabupaten Limapuluh Kota," ujarnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id