Mendikbud Buka Hari Peringatan Aksara Internasional di Makassar

    Intan Yunelia - 07 September 2019 17:44 WIB
    Mendikbud Buka Hari Peringatan Aksara Internasional di Makassar
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Foto: MI/Susanto
    Makassar: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka Peringatan Hari Aksara Internasional di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulewasi Selatan, Sabtu 7 September 2019. Hari Aksara Internasional sudah diperingati di seluruh dunia sejak tahun 1966.

    “Hari Aksara Internasional in respons UNESCO terhadap kondisi dunia pada saat itu. Ketika lebih dari 40 persen penduduk dewasa dunia masih buta aksara,” kata Muhadjir saat pidato Hari Aksara Internasional, Makassar, 7 September 2019.

    Melihat kondisi dunia pada saat itu, disepakati pada sidang umum PBB setiap tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. Semua negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingati serentak hari ini. 

    “Peringatan ini dipandang perlu sebagai peguatan komitmen bersama pemberantasan buta aksara di semua negara termasuk Indonesia,” ujar Muhadjir.

    Tema Hari Aksara Internasional yang diangkat tahun ini adalah ‘Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat’. Tema ini berangkat dari kesadaran terhadap keberagaman Indonesia yang memiliki lebih dari 1.500 lebih suku bangsa dan lebih dari 1.000 bahasa daerah.

    “Keberagaman ini merupakan aset bangsa Indonesia yang harus kita pelihara dan kita kembangkan sebagai wahana bersama dalam meningkatkan literasi masyarakat, dalam memberantas buta aksara,” tutur Muhadjir
     



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id