9,3 Juta Anak Tak Sekolah Jadi Tugas Nadiem

    Intan Yunelia - 08 Januari 2020 13:12 WIB
    9,3 Juta Anak Tak Sekolah Jadi Tugas Nadiem
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta:  Menjelang 100 hari kerja kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin ada tugas besar yang harus menjadi perhatian, khususnya di sektor pendidikan.  Tugas besar yang kini ditanggung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim tersebut salah satunya adalah mengentaskan 9,3 juta anak Indonesia yang tak mengenyam pendidikan.

    Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Said Hamid Hasan menyebutkan angka 9,3 juta tergolong besar dengan total jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa.

    "Kita harus melihat bahwa 9,3 juta anak kita belum bersekolah, ini tidak bisa dibiarkan karena jumlahnya terlalu banyak untuk suatu bangsa," kata Said kepada Medcom.id, Rabu, 8 Januari 2020.

    Sesuai dengan amanat konstitusi, pendidikan merupakan hak setiap warga negara.  Pemerintah harus bisa memastikan dan menjamin akses pendidikan anak bisa terpenuhi, mulai dari jenjang dasar hingga menengah atas.

    "Sehingga yang 9,3 juta ini harus sekolah dan jaminannya tentu saja sampai pendidikan sembilan tahun dan mesti gratis, tidak ada bayaran dari masyarakat dan pemerintah yang menanggung semua itu," ujar pakar evaluasi dan kurikulum pendidikan ini.

    Said menjelaskan, Presiden terdahulu sudah mulai melaksanakan kebijakan ini untuk menyekolahkan mereka yang tidak mampu.  Pemerintah menurutnya, mempunyai kewajiban untuk memberikan akses pendidikan terutama untuk anak yang kurang mampu hingga jenjang pendidikan tinggi.

    "Itu bukan kebijakan baru. Dulu di zaman pemerintah Bung Karno kita pernah melakukan itu dan sampai perguruan tinggi, itu tingkat sarjana muda masih tidak bayar uang sekolah," tuturnya.

    Seperti diketahui, Jokowi mengumumkan pada 23 Oktober 2019 lalu secara resmi mengumumkan formasi Kabinet Maju di Istana Merdeka.  Jokowi di periode kedua ini tidak mencanangkan secara khusus target dan program 100 hari kerjanya, karena menurut Presiden semua program hanya tinggal melanjutkan dari periode pertamanya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id