Enam Hal Penting untuk Perbaikan Sistem Pendidikan Nasional

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 06 Desember 2019 14:16 WIB
    Enam Hal Penting untuk Perbaikan Sistem Pendidikan Nasional
    Pegiat Pendidikan sekaligus pendiri Sekolah Cikal Jakarta. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta:  Pegiat Pendidikan Najelaa Shihab mengusulkan enam hal pentingkepada Komisi X DPR untuk mengakselerasi kualitas pendidikan nasional.  Usulan ini diharapkan dapat mempercepat menuju Sumber Daya Manusia yang unggul sesuai visi Presiden Joko Widodo yang juga menjadi visi bangsa.

    “Enam inisiatif dan dua penghambat, yang mudah mudahan jadi fokus prioritas juga bapak ibu Komisi X tentu kami advokasi ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Najelaa di Ruang Rapat Komisi X, Senayan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

    Pertama satuan pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai pancasila. Najelaa menyebut guna menumbuhkan kompetensi holistik pada murid, yang utama bukanlah pengetahuan, tapi karakter yang kuat.

    “Kedua transformasi sistem asesmen dan data berbasis teknologi di semua jenjang. Ketiga pendidik berkualitas di semua jenjang,” ujarnya.

    Selanjutnya, kata Pendiri Sekolah Cikal itu, adalah akselerasi pemertaan akses pendidikan untuk semua anak. Lalu kelima vokasi yang holistik, bermitra dengan dunia usaha dan dunia industri dan keenam mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas.

    “Kami mencoba sistem pendidikan nasional mestinya menumbuhkan anak-anak tumbuh subur. Anak-anak harus tumbuh di ekosistem yang menyuburkan, tanah yang menyuburkan” kata perempuan kelahiran Surakarta ini.

    Namun, hal tersebut kata kakak Najwa Shihab ini terhambat birokrasi yang tidak suportif.  Untuk itu perlu ada reformasi birokrasi.

    “Reformasi birokrasi, optimalisasi anggaran juga sinkronisasi deregulasi kebijakan perlu jadi prioritas. Kedua insentif dan koordinasi dengan daerah,” ujarnya.

    Kamis, 5 Desember 2019 Najelaa diundang Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi X DPR RI untuk memberikan pandangan sebagai pegiat pendidikan terhadap perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan nasional. Selain itu juga untuk memberi masukan terhadap revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id