5 Trik Jitu Memenangkan Beasiswa OSC Medcom.id demi Masa Depan Cerah

    Gervin Nathaniel Purba - 17 September 2020 15:49 WIB
    5 Trik Jitu Memenangkan Beasiswa OSC Medcom.id demi Masa Depan Cerah
    Mengikuti try out dan bimbel SMARRT menjadi salah satu kunci memenangkan beasiswa OSC
    Jakarta: Biaya pendidikan untuk masuk perguruan tinggi tidaklah murah. Terlebih pada masa pandemi covid-19 ini. Masuk perguruan tinggi melalui beasiswa merupakan salah satu cara menghemat biaya pendidikan.

    Terkait beasiswa, Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali hadir tahun ini. Ada yang istimewa dalam program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia ini, yakni penambahan program beasiswa untuk jenjang pascasarjana (S2).

    Persaingan untuk memenangkan beasiswa OSC tidak mudah. Terlebih, tahun ini ditargetkan 65 ribu pendaftar. Namun, Anda tak perlu berkecil hati. Medcom.id merangkum beberapa tips untuk memenangkan beasiswa OSC sebagai berikut.


    1. Cek Profil Kampus Tujuan


    Public Relations Corcom Medcom.id Kurnia Beti mengingatkan peserta beasiswa OSC agar rajin mengecek profil kampus tujuan. Selain untuk mengetahui program studi pada beasiswa OSC, para peserta juga bisa mengetahui syarat dan ketentuan, terutama target Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau Indeks Prestasi per Semester (IPS).

    "Teman-teman harus membaca halaman profil kampus masing-masing, karena di sana ada syarat dan ketentuan setiap kampus memiliki syarat IPK yang berbeda-beda ada 3,5, 3,75 dan sebagainya. Itu keputusan masing-masing kampus," kata Beti.

    Untuk diketahui, terdapat 26 perguruan tinggi swasta (PTS) yang mendukung beasiswa OSC 2020, terdiri atas 19 PTS (S1) dan 7 PTS (S2). 

    Beti mengatakan dengan mengetahui target IPK yang mesti dicapai, maka ketika menerima beasiswa OSC, pemenang bisa meningkatkan prestasi akademiknya atau minimal mempertahankan. Sebab, apabila tidak memenuhi target IPK, beasiswa bisa dihentikan.


    2. Perhatikan Syarat Dokumen


    Peserta wajib memperhatikan berbagai dokumen yang wajib dipenuhi untuk memenuhi syarat. Catat tenggat waktu pengumpulan data dan formulir. Ingat, jangan sampai terlewat.


    3. Mengikuti Try Out


    Try out menjadi pilihan penting untuk memantapkan diri sebelum mengikuti ujian. Khususnya ujian seleksi untuk memenangkan beasiswa OSC.

    Tahun ini, diadakan tiga kali try out pada November dan Desember 2020. Lebih banyak dari tahun sebelumnya.

    "Try out online yang kita adakan Oktober minggu ke dua, ketiga, dan keempat. Itu untuk seluruh peserta beasiswa OSC," ujar Corporate Communication Medcom.id Herfindo Gading.

    Try out soal OSC bisa dicoba di sini.


    4. Mengasah Kemampuan dengan Bimbel


    Sebelum mengikuti try out, Anda perlu mengasah kemampuan diri dengan belajar. 

    Dalam membantu mengasah kemampuan para peserta, OSC Medcom.id memberikan kesempatan untuk menambah asupan materi. OSC Medcom.id menggandeng lembaga bimbingan belajar (Bimbel) Smarrt, salah satu layanan pendidikan di platform YouTube.

    "Menurut kita, ini akan mempermudah seluruh peserta. Dengan adanya audio visual, peserta akan lebih mengerti dan memahami tentang pelajaran yang akan dihadapi pada test nanti. Materi di Bimbel SMARRT merupakan video khusus dari OSC juga ada," ujar Herfindo.

    Tak cukup dengan memberikan materi dan soal, Bimbel Smarrt bahkan menyediakan kelas online kepada calon penerima beasiswa OSC Medcom.id. Herfindo berharap cara ini efektif, agar para peserta lebih siap menjalani tes nantinya.

    Ikuti Bimbel SMARRT di sini.


    5. Belajar dari Alumni Beasiswa OSC Medcom


    Peserta OSC Medcom.id bisa belajar dari pemenang tahun sebelumnya. Menanyakan soal ujian yang keluar tahun lalu dan mengorek informasi lebih dalam tentang universitas dan jurusan yang dipilih.

    Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Kuncinya, tetap semangat dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id