Kampus Merdeka

    Agar 'Naik Kelas' Kampus 'Kecil' Didorong Kolaborasi

    Ilham Pratama Putra - 07 Februari 2020 10:10 WIB
    Agar 'Naik Kelas' Kampus 'Kecil' Didorong Kolaborasi
    Plt. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam. Foto: Medscom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Plt. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam, mengatakan mahasiswa dari kampus dengan gaung nama yang 'kecil' jangan takut tak mendapatkan tempat magang.  Sebab kampus kecil bisa melakukan kolaborasi dengan kampus besar.

    "Ini yang kita dorong, kampus kecil dan besar berkolaborasi.  Antara lain misalnya, kesempatan untuk satu semester mengambil kuliah di perguruan tinggi tersebut," kata Nizam di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

    Dengan begitu, mahasiswa dari kampus kecil tadi bisa "naik kelas" karena memiliki kompetensi di kampus besar.  Prodi yang diambil di kampus besar bisa dipakai ketika mengajukan magang di perusahaan.

    "Dengan begitu portofolio dia, oh ini saya ambil di UI, ITB, di UGM. Itu kan jadi bagian dari portofolio dia yang dia bawa ke perusahaan tadi," jelas dia.

    Tak hanya dengan pindah prodi, perguruan tinggi juga bisa berkolaborasi untuk berbagi ilmu. Baik langsung maupun online.

    "Sekarang terbuka sekali untuk kesempatan itu. Jadi kita di satu sisi untuk engage dengan industri, kita juga mendorong untuk saling kolaborasi.  Karena dengan kolaborasi akan terbangun potensi kemampuan maju bersama," ujar Nizam.

    Dari Kemendikbud memang sengaja tak mengaturnya dalam regulasi. Semua menjadi tantangan kampus untuk melakukan yang terbaik bagi mahasiswanya.

    "Regulasi cenderung membatasi kemerdekaan.  Yang kita inginkan kan kreativitas. Kita bangun ekosistem di mana kreativitas itu akan bangkit.  Nanti yang lemah gimana berkolaborasi dengan yang kuat," tandas dia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id