Tangsel Hapus Syarat Nilai UN untuk PPDB 2020

    Farhan Dwitama - 13 Mei 2020 17:56 WIB
    Tangsel Hapus Syarat Nilai UN untuk PPDB 2020
    PPDB 2019 di salah satu sekolah di Tangerang Selatan. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama
    Tangerang: Penghapusan Ujian Nasional (UN) berpengaruh pada persyaratan calon peserta didik baru dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Tangerang Selatan (Tangsel). PPDB tahun ini dipastikan menghapus syarat berkas nilai UN.

    "Syarat pendaftaran tidak lagi mengacu kepada surat keterangan ujian nasional (UN), yang sudah dihapuskan," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono, Rabu, 13 Mei 2020.

    Menurut dia, ada empat jalur berbeda yang bisa ditempuh calon peserta didik baru, menuju sekolah yang dituju. Yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan dan prestasi.

    "Untuk jalur zonasi, syaratnya hanya KTK (kartu tanda kelulusan) dan KK (kartu keluarga), tidak ada nilai UN," ungkapnya.

    Sementara untuk jalur perpindahan dinas orang tua, calon orang tua siswa baru dapat menyerahkan surat keterangan pindah tugas. Biasanya, untuk kedinasan seperti TNI, Polri dan dinas-dinas lain yang kerap mengharuskan pekerjaan orang tua berpindah. 

    "Kalau untuk jalur afirmasi. Syaratnya menyerahkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau PKH (Program Keluarga Harapan). Sedangkan untuk Jalur Prestasi, syaratnya nilai rapor sampai semester 5," kata dia.

    Baca: Digelar Online, Catat Jadwal PPDB Tangsel 2020

    Pelaksanaan PPDB di Tangerang Selatan, tahun ajaran baru 2020/2021 ini kembali dilakukan secara daring. Untuk tingkat TK Pembina, pendaftaran akan dilakukan pada 8 hingga 13 Juni 2020. Sedangkan untuk pendaftaran SD Negeri akan dibuka pada 8 sampai 20 Juni 2020.

    Sementara untuk SMP Negeri, pendaftaran mulai dibuka pada 16-20 Juni 2020. Pengumuman penerimaannya dijadwalkan pada 26 Juni 2020.

    "Jika untuk jalur prestasi akademik nilai rapor dan prestasi hasil lomba itu pendaftaran 30 Juni-2 Juli 2020 dan pengumumannya itu 6 Juli 2020," jelas dia.

    Terkait persentase jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan pun juga telah ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB 2020/2021. Jalur zonasi sebesar 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan orangtua 5 persen dan jalur prestasi 30 persen.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id