Dana BOP PAUD Boleh Digunakan untuk Honor Guru

    Antara - 22 September 2020 21:13 WIB
    Dana BOP PAUD Boleh Digunakan untuk Honor Guru
    Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan dana Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat pandemi virus korona (covid-19) dapat digunakan untuk pembayaran honor pendidik dalam pelaksanaan belajar dari rumah (BDR). Seperti diketahui, 54 persen honor pendidik berasal dari sumbangan pokok pendidikan atau orang tua.

    "Tetapi dalam kondisi seperti saat ini lebih dari setengah orang tua tidak menyetor sumbangan pokok pendidikan sehingga guru PAUD mengalami kerentanan," ujar Direktur PAUD Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Muhammad Hasbi, dalam webinar Penyaluran BOP PAUD dan Kesetaraan Tahap II di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

    Kemendikbud pun melakukan relaksasi penggunaan dana BOP PAUD dan Kesetaraan. Sebelumnya, dana BOP tersebut hanya dapat digunakan untuk transportasi pendidik. Namun saat ini, dana tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan honor pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah dan juga dapat digunakan untuk memberi transportasi pendidik.

    "Dengan demikian diharapkan guru dapat keluar dari kerentanan pada masa pandemi covid-19," tambah dia.

    Pada masa kedaruratan covid-19, dana BOP PAUD dan Kesetaraan dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidikan dan peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah. Kemudian, juga dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman masker atau penunjang kebersihan dan kesehatan lain.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id