Dibuka 1 Juli, PPDB DKI Jalur Prestasi Akademik Utamakan Nilai Rapor

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Juni 2020 13:33 WIB
    Dibuka 1 Juli, PPDB DKI Jalur Prestasi Akademik Utamakan Nilai Rapor
    Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana. Tangkapan layar.
    Jakarta: Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 jalur prestasi akademik akan dibuka pada 1 Juli 2020. Kuota yang tersedia untuk jalur prestasi akademik ditetapkan sebesar 25 persen. 

    "Yang terdiri dari 20 persen untuk calon peserta didik baru dari DKI Jakarta dan 5 persen untuk calon peserta didik baru dari luar DKI Jakarta," kata Kepala Disdik DKI Jakarta Nahdiana dalam konferensi video, Senin, 29 Juni 2020. 

    Nahdiana mengungkapkan, untuk jenjang SD ke SMP, seleksi utama yang digunakan ialah memperhitungkan rata-rata nilai akademis selama lima semester terakhir dan nilai akreditasi sekolah asal. Nilai akademik yang dihitung meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Pendidikan Kewarganegaraan.

    "Sedangkan nilai rapor yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK, meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Inggris," jelasnya. 

    Menurut Nahdiana, proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke yang lebih rendah sesuai dengan jumlah kuota yang tersedia. Proses seleksi dan pilihan sekolah pada jalur prestasi akademik ini tidak terikat zonasi. 

    "Calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih sekolah di seluruh wilayah DKI Jakarta," ujarnya.

    Baca: Unesa Batal Gelar UTBK, Peserta Dipindah ke Unair dan ITS

    Ia menambahkan, calon peserta didik baru dapat memilih tiga sekolah, sesuai dengan urutan prioritas pilihan. Jika dari ketiga pilihan tersebut belum lulus seleksi, calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih kembali sekolah lainnya sepanjang masih dalam periode seleksi jalur prestasi akademis, yakni sampai 3 Juli 2020 pukul jam 15.00. 

    "Proses yang sudah dilalui ini kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sudah sesuai dengan peraturan Kementerian yang ada," ujarnya.

    Ia mengungkapkan, Disdik DKI sudah menyelesaikan empat tahapan proses seleksi dari PPDB, yaitu jalur inklusi, afirmasi, prestasi non akademik, dan zonasi. Khusus jalur zonasi, ia mengatakan peserta didik yang diterima terdapat rentang usia yang ideal untuk memasuki jenjang SMP dan SMA. 

    "Bagi orang tua dari peserta didik yang dinyatakan lolos seleksi pada jalur zonasi jangan lupa untuk melakukan lapor diri mulai dari hari ini sampai dengan besok (30 Juni 2020) pukul 14.00," kata Nahdiana.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id