Program Komponen Cadangan Disarankan Fokus Menyasar Resimen Mahasiswa

    Arga sumantri - 13 September 2020 10:02 WIB
    Program Komponen Cadangan Disarankan Fokus Menyasar Resimen Mahasiswa
    Ilustrasi. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
    Jakarta: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebut rencana pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Kementerian Pertahanan bukanlah upaya untuk memunculkan militerisme gaya baru di Indonesia. Publik diminta tak phobia terhadap militer.

    "Komcad bukanlah upaya untuk memunculkan militerisme. Kaum milineal dan generasi Z juga jangan terlalu phobia terhadap militer," jelas Huda dalam diskusi virtual tentang 'Wacana Komponen Cadangan dan Upaya Membangun Budaya Bela Negara di Perguruan Tinggi', yang diselenggarakan Human Studies Institute (HSI) Sabtu, 12 September 2020.

    Namun, menurut Huda, terlebih dahulu perlu dirumuskan mekanisme pembentukan Komcad dan materi pendidikan bela negara agar lebih matang dan terarah. Mekanisme dan materinya harus jelas.

    "Supaya tidak muncul keraguan dan prasangka lain dari masyarakat khususnya mahasiswa. Lebih dulu harus ada kolaborasi antara Kemhan, Kemendikbud dan Komisi X," ujarnya.

    Huda mengungkapkan hingga sekarang, belum ada koordinasi lebih lanjut dan teknis antara Kemdikbud dan Komisi X perihal wacana ini. Huda pun memandang organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Pramuka punya peran sangat strategis untuk mengisi Komcad.

    Huda mengatakan, Komisi X juga siap jika memang diperlukan revisi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk memperkuat Menwa dan entitas bela negara lainnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id