Ilham Habibie Sebut Guru Wajib Kuasai Literasi Teknologi

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 06 Februari 2020 19:10 WIB
    Ilham Habibie Sebut Guru Wajib Kuasai Literasi Teknologi
    Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional, Ilham Habibie. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional atau yang disebut Dewan TIK Nasional, Ilham Habibie menyebutkan ke depan guna merespons perkembangan teknologi yang pesat harus ada penambahan kemampuan literasi, yakni literasi teknologi.  Literasi teknologi ini juga penting untuk dimiliki para guru.

    Hal tersebut ia sampaikan ketika menjadi pembicara dalam salah satu sesi seminar di Edutech Expo 2020. Menurutnya literasi teknologi dibutuhkan karena dunia sudah berubah.

    "Kalau menurut saya, di masa mendatang perlu ada penambahan literasi teknologi misalnya.  Kita semua harus belajar coding, belajar mengerti komputer harus belajar yang tadinya saya mestinya masukan 3D printer bisa dijalankan, ada banyak lagi," kata Ilham di JCC Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.

    Ia pun menegaskan, dengan memiliki kemampuan literasi teknologi, coding misalnya, bukan berarti akan menjadi programmer.  Itu, kata Ilham, sama fundamentalnya dengan literasi yang ada saat ini, seperti membaca, mengerti dan bertutur dengan baik.

    "Itu kan satu hal yang fundamental, yang harus kita punyai untuk mengerti dunia ini tapi dunia ini telah berubah, banyak hal fundamental yang kita perlu ketahui. Kalau kita sedikit-sedikit bisa coding bukan berarti kita jadi programmer itu masih jauh sekali," terang pria jebolan Universitas Munich, Jerman ini.

    Dengan kemampuan literasi teknologi tersebut, terang putra sulung mantan Presiden RI ke III almarhum BJ. Habibie ini, akan menyokong guru untuk membantu siswa mencapai tujuannya. Apalagi kekinian siswa sudah terlahir di era teknologi dan terus berkembang cepat .

    "Masak gurunya tidak mengerti lebih dari siswanya, paling tidak secara fundamental dengan itu saya kira susah nanti berhadapan dengan siswa, (guru) punya pengetahuan mendalam untuk membantu siswa mencapai tujuannya," terangnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id