comscore

Upacara Hardiknas 2022: Nadiem Pakai Pakaian Adat Flores Hingga Pertunjukan Reog

Ilham Pratama Putra - 13 Mei 2022 14:24 WIB
Upacara Hardiknas 2022: Nadiem Pakai Pakaian Adat Flores Hingga Pertunjukan Reog
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022. Mendikbudristek Nadiem Makarim menjadi pimpinan upacara.

Tema Hardiknas 2022 ialah Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar. Nadiem tampak menggunakan pakaian adat dari Flores, Nusa Tenggara Timur.
Nadiem dibalut kain corak berwarna emas dan biru. Nadiem juga menggunakan aksesoris kepala bercorak emas.

Nadiem mengajak penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia tidak berhenti bergerak meski sejenak. “Kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” kata Nadiem dalam pidatonya, Jumat, 13 Mei 2022.

Upacara Hardiknas 2022 diikuti 252 peserta luring dengan mengenakan pakaian adat dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Upacara diselenggarakan terbatas mengingat Jakarta masih berada pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2.
 
Sebanyak 2.700 orang terdiri atas peserta didik berprestasi, duta rumah belajar, Guru Penggerak Angkatan 1 dan 2, mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, alumni Kemah Budaya Kaum Muda dan pegiat budaya, serta Duta Bahasa Tahun 2020-2021 turut mengikuti upacara secara daring. Nadiem juga memberikan secara simbolis Satya Lencana Karya Satya kepada enam orang yang mewakili 2.740 Pegawai Negeri Sipil Kemendikbudristek.
 
Upacara Hardiknas tahun ini juga menghadirkan beberapa kekayaan Indonesia, seperti budaya tenun, minuman dari rempah yang biasa dikenal dengan nama jamu, serta tempe makanan yang telah dibudayakan masyarakat Jawa sejak abad ke-16 Masehi. Upacara ditutup dengan pertunjukan seni Reog Ponorogo dari Paguyuban Reog Ponorogo Jabodetabek.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei bertepatan dengan hari lahir RM Suwardi Suryaningrat atau dikenal Ki Hadjar Dewantara. Dia juga dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.
 
Tahun ini, Hardiknas jatuh bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1433 H. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan peringatan Hardiknas 2022 dilangsungkan pada 13 Mei 2022.
 
Hardiknas 2022 mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar". Merdeka Belajar adalah program inisiatif Mendikbudristek Nadiem Makarim yang telah memasuki Episode ke-19 dengan peluncuran Rapor Pendidikan Indonesia.

Baca: Hardiknas 2022, Nadiem: Kita di Garis Depan Pimpin Pemulihan
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id