comscore

Besok, Rektor Baru UGM Diumumkan

Ilham Pratama Putra - 19 Mei 2022 09:58 WIB
Besok, Rektor Baru UGM Diumumkan
Rektor UGM, Panut Mulyono. Medcom.id/Citra Larasati
Jakarta: Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027 memasuki babak akhir. Rektor terpilih bakal diumumkan besok. 

"Sudah terseleksi tiga besar, besok, Jumat, 20 Mei itu akan dipilih satu dari tiga besar (kandidat saat ini)," kata Rektor UGM, Panut Mulyono, dalam siaran Instagram @beasiswaosc, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.
Ketiga kandidat yang lolos seleksi ialah Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, dan Ova Emilia. Rektor terpilih akan dilantik pekan depan.

"Kemudian, seminggu setelah itu, 27 Mei itu serah terima, saya akan mengakhiri pekerjaan saya sebagai rektor UGM," tutur Panut.

Panut mengaku banyak menghadapi tantangan selama menjabat sebagai rektor UGM. Tapi, semua itu dapat dilewati dengan kerja sama seluruh pihak.

"Saya berpendapat pemimpin tak mungkin mencapai segalanya. Tapi, prestasi pasti datang dari kerja sama dan sinergi dari seluruh pihak. Kalau ada keberhasilan di masa kepemimpinan, itu karena kerja keras keluarga besar UGM, mitra, dan alumni," tutur dia. 

Dia berharap rektor terpilih nantinya dapat membuat UGM lebih bersinar. Serta semakin berkontribusi untuk masyarakat dan negara.

"Harapannya di bawah komando rektor baru, UGM lebih bersinar lagi dan berkontribusi buat masyarakat dan bangsa. Saya yakin setiap orang punya waktunya dan setiap waktu punya orangnya," tutur rektor UGM masa bakti 2017-2022 itu.

Pemilihan rektor UGM dimulai sejak Maret 2022. Sebanyak tujuh orang mendaftar, yakni Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Irawadi, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan Teguh Budipitojo. 

Ketujuhnya menjalani seleksi awal, yakni verifikasi dokumen. Lewat seleksi itu, enam orang lolos yakni Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan Teguh Budipitojo.

Keenam calon lalu mengikuti sejumlah tahapan mulai Sarasehan Nyawiji Menuju UGM-1 hingga Forum Penjaringan Aspirasi Publik. 

Selanjutnya, diadakan Rapat Pleno Senat Akademik untuk memilih tiga calon rektor berdasarkan pemaparan program kerja. Sebanyak 80 anggota Senat akademik UGM yang ikut rapat pleno memilih tiga calon, yakni Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, dan Ova Emilia. 

Ketiga nama itu diserahkan kepada pimpinan Majelis Wali Amanat (MWA) dan dilakukan pemilihan dan penetapan pada 20 Mei 2022. 

Baca: Muncul Isu 'Restu' di Pilrek UGM, Senat: Harus Bebas dari Politik Praktis



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id