comscore

Pemprov Kaltim Beri Beasiswa untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Antara - 28 Maret 2022 00:02 WIB
Pemprov Kaltim Beri Beasiswa untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Ilustrasi/Medcom.id
Samarinda:  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur turut memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus mendapatkan bantuan dana pendidikan melalui program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT).  Beasiswa Kalimantan Timur juga kita buka untuk para calon guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

"Ini agak aneh awalnya, tapi memang sangat kita butuhkan," kata Anggota Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BP-BKT) Syafruddin Pernyata dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Minggu, 27 Maret 2022.
Dia menjelaskan, alasan beasiswa untuk para pendidik anak berkebutuhan khusus ini dibuka, karena di Kaltim belum ada satupun perguruan tinggi untuk jurusan guru bagi anak berkebutuhan khusus.

"Unmul (Universitas Mulawarman) ada FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), tapi tidak ada pendidikan guru untuk murid berkebutuhan khusus," kata Syafruddin.

Padahal, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim ini, tidak ada satu kabupaten dan kota di Kaltim yang tidak memiliki anak autis, tuna rungu, dan tuna daksa.  Dengan kondisi tersebut, menimbulkan pemikiran siapa yang akan menjadi para guru bagi anak berkebutuhan khusus tersebut, bila tidak ada regenerasi pendidik.

Sebab, katanya, tidak menutup kemungkinan para guru bagi anak berkebutuhan khusus tersebut bakal pensiun dan tidak aktif lagi mengajar.  “Bagi orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus itu bisa merintih karena tidak bisa menyekolahkan anak mereka. Atau tetap sekolah tapi gurunya bukan khusus guru untuk anak berkebutuhan khusus," kata Syafruddin.

Dia menjelaskan dengan kondisi tersebut pengelola BKT mengusulkan kepada Gubernur Kaltim untuk memberikan beasiswa untuk jurusan guru berkebutuhan khusus.  Setelah mendapat restu Gubernur Isran Noor, kerja sama lalu dibuka dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Awalnya tidak ada yang mendaftar.

"Kita siasati lagi. Selain UKT (Uang Kuliah Tunggal), kita tambah lagi dengan living cost (biaya hidup). Sekarang sudah ada 30 mahasiswa yang kuliah," kata dia.

Mereka yang berminat pun beragam. Ada yang memang memiliki keterbatasan fisik sejak lahir, keterbatasan sejak remaja, bahkan yang tidak memiliki keterbatasan tapi berniat besar menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus.

Baca juga:  Hutama Karya Beri Beasiswa 20 Siswa Berprestasi di Binjai Sumut

Dia menambahkan jadwal pembukaan pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur Tahun 2022 dilaksanakan pada awal pekan ini.  Pada 2021 pendaftar Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan sebanyak 110.582 pelamar, terdiri atas 12.977 pelamar kategori tuntas pendidikan tinggi, 14.180 stimulan pendidikan tinggi, dan 83.425 stimulan siswa

Total anggaran yang disediakan Pemprov Kaltim untuk penerima Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan 2021 tahap pertama sebesar Rp 88 miliar.  Pemprov Kaltim juga telah mengalokasikan anggaran untuk Beasiswa Kaltim Tuntas dan Stimulan 2021 tahap kedua, totalnya Rp75 miliar.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id