comscore

Fungsi Cendekiawan Memberi Pencerahan, Bukan Meratapi Keadaan

Ilham Pratama Putra - 27 Desember 2021 21:01 WIB
Fungsi Cendekiawan Memberi Pencerahan, Bukan Meratapi Keadaan
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Arif Satria mengaku jika saat ini merupakan masa yang sulit buat seluruh negara keluar dari disrupsi pandemi. Seluruh pihak mencoba melakukan inovasi guna keluar dari kesulitan masa pandemi.

Arif pun menyebut, dari berbagai tantangan yang hadir di dalam pandemi, cendekiawan mesti menjadi pemain utama dalam melakukan perubahan. Bukan malah ikut meratapi keadaan.
"Fungsi cendekiawan itu mencerahkan, bukan orang yang meratapi keadaan. Cendekiawan orang yang memberi pencerahan, dan ICMI harus menjadi lembaga pencerah sumber inspirasi, sumber solusi bangsa saat bangsa kita menghadapi disrupi," terang Arif dalam webinar ICMI dan Masa Depan Bangsa," dikutip Senin, 27 Desember 2021.

Ia mengatakan, menghadirkan solusi bersifat inovasi dan inspirasi menjadi kekuatan yang harus dimaksimalkan ICMI. Ia menekankan, ICMI harus menjadi lokomotif hadirnya berbagai inovasi tersebut.

Baca: Cendekiawan Diharapkan Jadi Pengendali Perubahan

"Kita harus berani memulai ini, agar terjadi perubahan. Ini mesti menjadi kekuatan besar kita," tuturnya.

Ia mengatakan, ICMI juga harus menjadi rumah besar bagi umat islam. ICMI mesti mengambil peran untuk melakukan penyamaan frekuensi berbagai organisasi Islam di Indonesia.

"Penting untuk kita melakukan tuning frekuensi dengan ormas Islam. Kita harus menyamakan frekuensi terkait sudut pandang menyelesaikan persoalan bangsa," jelas rektor IPB University ini.

ICMI pun tak boleh ketinggalan dalam proses berbangsa dan bernegara. Arif menyebut, ICMI mesti jadi pengawal proses berbangsa dan bernegara.

"Kita tahu ICMI perlu mereformulasi gagasan besar tentang apa yang disebut sentralisasi ditengah komplikasi disrupsi baru. Apa yang harus kita bawa dalam mengisi ruang kebijakan publik," tuturnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id