comscore

Kemendikbudristek: Tagihan Uang Saku Mahasiswa MSIB Sudah Disampaikan ke LPDP

Ilham Pratama Putra - 16 Desember 2021 13:23 WIB
Kemendikbudristek: Tagihan Uang Saku Mahasiswa MSIB Sudah Disampaikan ke LPDP
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Zoom
Jakarta: Sejumlah warganet yang mengaku mahasiswa dari program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) mengeluhkan uang saku mereka yang belum cair. Mereka menyampaikan keluhan tersebut di akun Instagram milik Plt. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam.
  
Nizam pun mengaku pihaknya telah menyelesaikan permasalahan insentif bagi mahasiswa magang tersebut. Seluruh tagihan insentif telah disampaikan ke Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Tagihan sudah kita sampaikan ke LPDP sampai dengan bulan keempat," kata Nizam kepada Medcom.id, Kamis, 16 Desember 2021.
Dengan begitu, seluruh insentif mahasiswa MSIB telah tersedia. Karena program MSIB memang baru berjalan selama empat bulan.  "Ada yang tiga bulan ada yang empat bulan, start-nya tidak bersamaan," lanjut dia.

Namun terkait pencairan dan penyalurannya ke mahasiswa, Nizam mengaku tidak tahu. Karena, pembayaran uang saku itupun dilakukan oleh LPDP.

"Karena pembayaran dari LPDP saya tidak tahu persisnya," sebut Nizam.

Saat ini setidaknya ada 60 ribu mahasiswa yang mengikuti program MBKM.  "Ada seribu yang ikut Indonesia international student mobility di luar negeri, 13 ribu mahasiswa magang bersertifikat, 22 ribu kampus mengajar dan lainnya. Semoga ini akan memberikan pengalaman luar biasa," tutur Nizam.

Baca juga:  Uang Saku Peserta MBKM Belum Cair, Kemendikbudristek Minta Maaf
 
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka memungkinkan mahasiswa pesertanya mendapatkan dukungan uang saku dari pemerintah selagi magang dan melakukan studi.

Berdasarkan data per 2 November 2021, terdapat sekitar 1.600 peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) untuk periode Agustus dan September 2021 yang belum menerima uang saku.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id