Data Terkini, 103 Sekolah Rusak Akibat Gempa Sulawesi Barat

    Arga sumantri - 19 Januari 2021 19:02 WIB
    Data Terkini, 103 Sekolah Rusak Akibat Gempa Sulawesi Barat
    Sekolah rusak akibat gempa Sulawesi Barat. Foto; Dok Kemendikbud



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat 103 sekolah/madrasah rusak akibat gempa yang mengguncang Sulawesi Barat (Sulbar). Data ini didapat berdasarkan hasil kaji cepat dampak gempa per 18 Januari 2021.

    Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, Hendarman memerinci, sebanyak 39 sekolah di antaranya mengalami rusak berat. Lalu, 19 sekolah rusak sedang, dan 45 sekolah rusak ringan.






    Rincian data per wilayah, terdapat 18 sekolah masuk kategori rusak berat di Mamuju, 12 sekolah mengalami rusak sedang, dan 10 sekolah mengalami rusak ringan. 

    Sementara, di Majene, 19 sekolah mengalami rusak berat dan enam sekolah mengalami rusak sedang. Lalu, ada 21 sekolah mengalami rusak ringan. 

    Baca: Unhas Bebaskan UKT untuk Mahasiswa Terdampak Gempa Sulawesi Barat

    Berikutnya, di Kabupaten Poliwali Mandar, dua sekolah mengalami rusak berat, satu sekolah mengalami rusak sedang, dan tujuh sekolah rusak ringan. Di Kabupaten Mamasa, tujuh sekolah mengalami kerusakan ringan.

    "Kami terus melakukan koordinasi dalam melakukan pendataan, kebutuhan, dan intervensi yang dibutuhkan," kata Hendarman di Jakarta, Selasa, 19 Januari 2021.

    Kemendikbud telah membuka posko di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) di Mamuju. Kemudian, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Majene. 

    Berdasarkan laporan dari tim posko di lapangan, kata dia, telah didirikan lima buah tenda pengungsian di BP PAUD Dikmas. Selain itu, didirikan pula 20 buah tenda ruang kelas darurat untuk aktivitas pendidikan yang didatangkan dari Kota Makassar dan Sulawesi Tengah. 

    "Bantuan logistik darurat seperti makanan siap saji, sembako dan kebutuhan pengungsi lainnya juga turut diberikan," terangnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id