Tak Terbukti Plagiat, Rektor USU Terpilih Dilantik Besok

    Media Indonesia.com - 27 Januari 2021 21:14 WIB
    Tak Terbukti Plagiat, Rektor USU Terpilih Dilantik Besok
    Rektor USU Muryanto Amin. Foto: MI/Yoseph Pencawan



    Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim menyatakan Rektor Universitas Sumatra Utara (USU) terpilih Muryanto Amin tidak terbukti melakukan plagiat. Muryanto dapat segera dilantik.

    Ainun Naim yang juga Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) mengutarakan keputusan tersebut diambil setelah pihaknya membentuk tim independen di luar USU yang terdiri para profesor dan para ahli dari berbagai universitas. Tim ini kemudian mempelajari regulasi juga praktik secara internasional.






    Ternyata, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional atau Permendiknas Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi menyebutkan bahwa plagiarism itu seseorang mengutip karya pihak lain tanpa menyebutkan sumbernya atau mencuri karya orang lain.

    Baca: Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Rektor USU Muryanto

    Sementara, Dalam Permendiknas tersebut tidak disebut tentang self plagiarism dan eksplisit menyatakan peraturan itu seseorang mengambil mengutip karya orang lain. 

    "Nah, yang dikutip atau diambil bukan karya orang lain melainkan karya sendiri kemudian dalam praktik internasional juga tidak ada self plagiarism," papar Ainun saat dihubungi, Rabu, 27 Januari 2021.

    Selain itu, lanjut Ainun, tim independen juga melihat empat artikel yang dipandang berpotensi self plagiarism. Nyatanya, di antara artikel terkait tidak persis sama. Ada juga perubahan peneliti.

    "Jadi berdasarkan hal itu Kemendikbud memberikan saran untuk tetap melantik Rektor USU terpilih Muryanto Amin. Dengan demikian yang dilakukan rektor sebelumnya itu keliru," tegas Ainun.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id