Hendak Buka Fakultas Kedokteran, UIN Jambi Belajar ke UIN Jakarta

    Arga sumantri - 22 April 2021 20:15 WIB
    Hendak Buka Fakultas Kedokteran, UIN Jambi Belajar ke UIN Jakarta
    Kunjungan UIN Jambi ke UIN Jakarta. Foto: Dok Humas UIN Jakarta



    Jakarta: UIN Jambi akan segera membuka Fakultas Kedokteran. Guna mengetahui proses pembukaan fakultas tersebut, UIN Jambi pun menimba ilmu ke Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

    Rektor UIN Jambi Su’adi menegaskan, dalam upaya pengembangan UIN Jambi ke depan, pihaknya berencana membuka fakultas kedokteran dan rumah sakit pendidikan. Untuk itu UIN Jambi perlu banyak belajar ke UIN Jakarta mengenai pendirian fakultas tersebut.






    "Di lingkungan universitas Islam negeri se-Indonesia, UIN Jakarta merupakan universitas pertama yang membuka fakultas kedokteran. Karena itu kami perlu banyak belajar dan bertukar pikiran mengenai pendirian fakultas tersebut,” kata Su'adi mengutip siaran pers UIN Jakarta, Kamis, 22 April 2021.

    Dia berharap, dengan adanya fakultas kedokteran dan rumah sakit pendidikan di UIN Jambi kelak, dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa yang tertarik belajar mengenai ilmu kedokteran. Dalam konteks integrasi ilmu, menurut dia, adanya fakultas kedokteran ini juga menjadi penting dan strategis. 

    "Kita ingin membangun peradaban Islam dan mewariskannya kepada generasi Muslim yang akan datang," ujarnya.

    Baca: Unhas Berencana Bangun Kampus Vokasi Destinasi Perikanan di Selayar

    Sementara itu, Rektor Amany Lubis menjelaskan, FK UIN Jakarta berdiri sejak 2004 dan baru membuka program studi (prodi) pada 2005. Semula, namanya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dengan empat prodi, yakni Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat.

    Namun, seiring perjalanan waktu, fakultas kemudian dipisah menjadi Fakultas Kedokteran dengan Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Pendidikan Profesi Dokter serta Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Ditambah, Prodi Profesi Apoteker dan Prodi Profesi Nurs.

    Untuk praktik dokter, FK UIN Jakarta juga telah memiliki rumah sakit pendidikan, yaitu RS Haji Jakarta dan sejumlah RS jejaring di wilayah Jabodetabek.

    "Alhamdulillah, sejak meluluskan hingga kini FK UIN Jakarta telah mengambil sumpah dokter ke-36. Para dokter juga sudah banyak yang bekerja di berbagai rumah sakit," kata dia.

    Dalam kunjungan tersebut Su’aidi didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Rofiqoh Ferawati, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Asad Isma, Kepala Klinik Kesehatan Tri Wibowo, dan dua orang staf rektorat.

    Mereka diterima Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Wakil Rektor Bidang Akademik Zulkifli, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Hari Hendarto, dan Wakil Dekan Bidang Akademik Flori Ratna Sari, dan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fika Ekayanti.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id