Luncurkan Garudas, Pelatihan Guru Abad 21 untuk Persiapan PTM Terbatas

    Citra Larasati - 08 April 2021 21:05 WIB
    Luncurkan Garudas, Pelatihan Guru Abad 21 untuk Persiapan PTM Terbatas
    Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana. Foto: Tangkapan Layar YouTube



    Jakarta:  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana meluncurkan Gerakan Guru Cerdas (Garudas).  Ini merupakan sebuah gerakan bersama untuk mempersiapkan guru-guru di sekolah negeri maupun swasta, baik di sekolah umum maupun madrasah sebelum menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

    Gerakan Guru Cerdas merupakan bentuk kepedulian bersama dengan tujuan untuk membekali para pendidik di wilayah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan pembelajaran dengan paradigma baru yaitu berbasis proyek (project-based learning).  Metode ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran sekaligus kompetensi dasar atau pembelajarannya.






    Para guru akan disiapkan untuk menghasilkan beraneka ragam portofolio siswa, dan diakhir kegiatan ini.  "Guru akan mendapatkan sertifikat pelatihan selama 96 jam pertemuan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta," ujar Nahdiana, dalam peluncuran Garudas yang digelar secara daring, Kamis, 8 April 2021.

    Baca juga:  Update Vaksinasi, Baru 284.689 Guru Terima Vaksin Dosis Kedua

    Gerakan ini diinisiasi oleh Center for Education Regulations and  Development Analysis (CERDAS), Vox Populi Institute Indonesia, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dan Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta, yang didukung oleh mitra-mitra seperti Epson, Microsoft, Link Net, Rumah Juara, dan Pandi.id. 

    "Pendidik harus disiapkan untuk menerapkan pembelajaran dengan paradigma baru," kata Penggagas Gerakan Guru Cerdas (Garudas), Indra Charismiadji.

    Luncurkan Garudas, Pelatihan Guru Abad 21 untuk Persiapan PTM Terbatas
    Penggagas Gerakan Guru Cerdas (Garudas), Indra Charismiadji

    Menurut Indra, sangatlah berbahaya jika penyelenggaraan PTM terbatas hanya menggantungkan pada vaksinasi para pendidik. “Kita semua wajib optimistis bahwa vaksin akan bekerja dengan baik, tetapi kita juga harus siap dengan kemungkinan terburuk," tegasnya.

    Sebab menurutnya, PTM terbatas akan menimbulkan masalah baru.  Salah satunya karena pendidik akan dituntut untuk mengajar dengan dua model secara bersamaan yaitu daring dan luring. Sedangkan untuk satu model daring saja para guru sangat kewalahan selama pandemi ini.
     

    Halaman Selanjutnya
    Untuk itu, kata Indra, mereka…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id