Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Hingga Bantuan Kuliah

    Ilham Pratama Putra - 09 Februari 2021 15:27 WIB
    Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Hingga Bantuan Kuliah
    Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama



    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenikbud) meluncurkan program Kampus Mengajar 2021.  Program ini bakal menyeleksi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengajar siswa SD di lingkungan mereka masing-masing.

    Nantinya hanya akan ada 15.000 mahasiswa yang terpilih untuk bergabung guna menjalankan program tersebut. Mereka yang terpilih bakal mendapat berbagai keuntungan dari pemerintah.






    "Selama mengikuti program ini adek-adek mahasiswa mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam dalam peluncuran Kampus Mengajar yang digelar secara daring, Selasa, 9 Februari 2021.

    Selain itu mahasiswa juga akan diberikan bantuan uang kuliah selama satu semester saat program berjalan. Bantuan yang diberikan maksimal Rp2,4 juta.

    Selain itu mahasiswa juga dapat mengonversikan kegiatan mereka dalam kampus mengajar menjadi Satuan Kredit Semester (SKS).  Mahasiswa bakal mendapat 12 SKS saat menjalankan program Kampus Merdeka.

    "Jadi kegiatan adik-adik akan mengajar enam jam hari, kalau kita konversikan dengan beban kuliah itu setara dengan 12 SKS, selama program satu semester ini," terang Nizam.

    Baca juga:  Program Kampus Mengajar 2021 Diluncurkan, Nadiem: Tantangan Bagi Mahasiswa

    Para mahasiswa dapat mendaftarkan dirinya secara daring melalui laman ringkas.kemdikbud.go.if/KampusMengajar2021. Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini mulai dari mahasiswa semester lima dan seterusnya.

    Setelah pendaftaran mahasiswa akan diseleksi. Hasil seleksi akan diumumkan pada pertengahan Maret 2021.

    Dari pertengahan Maret hingga 21 Maret 2021, mahasiswa terpilih akan mendapatkan pembekalan. Agar nantinya siap menjalankan tugas mulai dari 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id