Strategi Lolos SNMPTN/SBMPTN 2021, UNS: Harus Realistis

    Citra Larasati - 13 Februari 2021 12:19 WIB
    Strategi Lolos SNMPTN/SBMPTN 2021, UNS:  Harus Realistis
    Kampus UNS. MI/Ferdinand.


    Jakarta:  Kepala Unit Pelaksana Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Hadiwiyono memberikan sejumlah pesan untuk calon pendaftar.

    “Pesan saya untuk calon pendaftar, sesuaikanlah dengan minat dan bakat serta realistis,” terang Hadiwiyono, dalam Wedangan IKA UNS seri XLIV dengan tema “Strategi Sukses SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021, beberapa waktu lalu.




    Menurut Hadiwiyono, minat dan bakat adalah faktor yang dapat mendorong prestasi luar biasa bagi para mahasiswa di kampus. Selain itu, mengambil program studi sesuai dengan minat dan bakat akan memperlancar jalannya perkuliahan.

    Hadi menekankan, bahwa persaingan tidak hanya ada saat seleksi masuk tetapi keberlangsungan kuliah hingga selesai juga harus dipikirkan.  Selain itu, para calon pendaftar juga diminta untuk realistis.

    Hal ini berkenaan dengan aturan dari penyelenggara seleksi dan kemampuan diri siswa. Para pendaftar diminta untuk mengukur kembali kemampuannya dalam bidang yang ingin ditekuni. Jika kemampuan mereka mumpuni serta minat dan bakatnya juga mendukung, tidak perlu ragu untuk mengambil bidang tersebut.

    Baca juga:  Setelah PTN-BH, UNS Buka 50% Kuota Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri

    Sementara itu, Koordinator Penjaminan Mutu UPT SPMB UNS, Abdul Hakim juga menekankan kerja sama antara siswa, sekolah, dan pihak orang tua siswa. Jika salah satu pihak kurang mendukung proses pendaftaran maupun seleksi, kecil kemungkinan seorang siswa dapat lolos.

    “Salah satu strategi yang bisa kami berikan untuk sekolah yaitu sebaiknya mendiversifikasikan jurusan yang akan dimasuki siswa-siswinya. Jangan semuanya masuk di satu jurusan yang sama,” ujar Hakim.

    Sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Ketiga jalur tersebut yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi lainnya.

    Mengacu pada peraturan tersebut, UNS memberlakukan tiga seleksi itu untuk menjaring mahasiswa baru. Ketentuan mengenai SNMPTN dan SBMPTN diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sedangkan Seleksi Mandiri diatur secara mandiri oleh UNS. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id