Pandemi, Rapor Pendidikan Indonesia Menurun

    Ilham Pratama Putra - 04 Januari 2021 14:53 WIB
    Pandemi, Rapor Pendidikan Indonesia Menurun
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono menilai rapor pendidikan Indonesia menurun akibat pandemi covid-19. Namun, penurunan nilai itu tak hanya terjadi di Indonesia.

    "Saya yakin rapot dari hampir semua negara itu pasti kalau dibandingkan dengan kinerja tahun-tahun sebelumnya, pasti di bawah catatan sebelumnya itu," kata Agus dalam webinar ngopi seksi outlook pendidikan Indonesia 2021, Minggu 3 Januari 2021.

    Agus menyebut kualitas pendidikan Indonesia selama pandemi juga masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain, "Kalau dibandingkan dengan kinerja masing-masing negara, pasti di bawah," jelasnya.

    Hal yang membuat kinerja pendidikan Indonesia rendah adalah penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tidak optimal. Terlebih, kata dia, ada 46 ribu satuan pendidikan yang tidak memiliki akses listrik dan internet.

    Baca: Nadiem Diminta Perbaiki Pola Komunikasi dalam Mengambil Kebijakan

    "Lalu, isu masalah kemampuan beli pulsa mencuat, lalu ada termasuk kebijakan memberikan bantuan pulsa baik untuk siswa, mahasiswa maupun guru dan dosen, tetapi sekalipun ini bisa diatasi, kita masih ada persoalan yang tersisa 46 ribu satuan pendidikan, ini jelas tidak bisa menyelenggarakan PJJ," ungkap dia.

    Agus pun menyinggung capaian belajar di masa pandemi. Melihat berbagai kendala yang ada, dia pesimistis capaian belajar bisa diraih.

    "Meskipun kita belum punya hasil evaluasi dan belum lakukan evaluasi, tapi saya yakin pasti akan kalah ini (capaian belajar), yang satu bisa menyelenggarakan, seminim-minimnya PJJ masih lumayan dengan yang tidak bisa menjalankan sama sekali, karena akses yang tidak memadai," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id