Prodi Akuntansi dan Magister Manajemen UKSW Raih Akreditasi Unggul

    Gervin Nathaniel Purba - 11 Juni 2021 17:12 WIB
    Prodi Akuntansi dan Magister Manajemen UKSW Raih Akreditasi Unggul
    Program Studi Akuntansi dan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) telah meraih akreditasi unggul (Foto:Dok.UKSW)



    Salatiga: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menetapkan Program Studi Akuntansi dan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) telah meraih akreditasi unggul.

    Sebelumnya, kedua program studi (prodi) tersebut sudah mendapatkan akreditasi A dan berhasil mengkonversi ke akreditasi unggul.

     



    Program Studi Akuntansi mendapat akreditasi unggul dengan SK No. 8478/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2020. Lalu, Program Magister Akuntansi dengan SK No. 2803/SK/BAN PT/AK-ISK/M/V/2021. 

    Pembantu Rektor I UKSW bidang akademik Dr Iwan Setyawan mengucap syukur karena kedua prodi tersebut telah mendapatkan akreditasi tertinggi. Hal ini menunjukkan adanya pengakuan dari pihak luar mengenai kualitas pengajaran  UKSW.

    "Hal ini sangat membanggakan, karena merupakan bukti bahwa UKSW tidak kalah kinerjanya dibandingkan perguruan tinggi lainnya, baik negeri maupun swasta,” kata Iwan, dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Juni 2021.

    Iwan berharap pencapaian akreditasi unggul juga dapat dicapai prodi lainnya. Saat ini, prodi yang sudah terakreditasi A terus berupaya untuk menerapkan standar yang sama untuk 58 prodi yang ada untuk mencapai target UKSW terakreditasi unggul. 

    “Tidak hanya bagaimana mengurus dokumen saja, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana best practices yang sudah dilaksanakan terakreditasi unggul dalam semua aspek kerja dan pelayanannya,” kata Iwan.

     

    Pertama di Jateng



    Akreditasi unggul yang dicapai Prodi Akuntansi FEB UKSW menjadi prodi pertama di perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah (Jateng) dan juga di UKSW. Prestasi ini tidak membuat Prodi Akuntansi berpuas diri. 

    Ketua Program Studi Akuntansi Yefta Andi Kus Noegroho menuturkan, tantangan ke depan adalah bagaimana mempertahankan akreditasi unggul ini. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan beberapa aspek. Misalnya, meningkatkan jumlah publikasi internasional. 

    "Rasio publikasi internasional sekarang adalah satu dosen satu publikasi. Ke depan, kami akan tingkatkan. Selain itu, mulai semester ini, Prodi Akuntansi juga mulai menerapkan kurikulum kampus merdeka, di mana salah satunya menekankan pada pembentukan start up dengan harapan dapat membekali lulusan agar dapat merintis usaha, sehingga bisa menyediakan lapangan kerja," ujar Yefta. 

    Sementara itu, Ketua Program Magister Manajemen Dr Maria Rio Rita mengatakan langkah ke depan pihaknya adalah membahas upaya menjaga dan mempertahankan mutu prodi yang dipimpinnya agar dapat memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa, alumni, dan juga stakeholder.

    “Tak hanya bergelar doktor, pengajar kami juga banyak yang menjadi praktisi dan konsultan, sehingga dalam mengajar mahasiswa tidak hanya diberi teori saja, tetapi juga pengetahuan praktis sehingga dapat menjawab kebutuhan pasar,” ujar Maria. 

    Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, Program Magister Manajemen juga akan membuka program professional class. Maria mengatakan, proses belajar mengajar di Professional Class ini akan menggunakan model blended learning. 

    “Kami akan memadukan proses belajar daring dan juga luring yang dilakukan pada jam after office. Rencananya akan dibuka semester depan,” katanya.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id