comscore

Koleksi Arsip Indonesia Masa Penjajahan Jepang Diluncurkan di Flinders University

Arga sumantri - 10 November 2021 22:26 WIB
Koleksi Arsip Indonesia Masa Penjajahan Jepang Diluncurkan di Flinders University
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Flinders University meluncurkan koleksi digital milik Anton Lucas, peneliti dan akademisi yang telah lama mendalami sejarah Indonesia, dalam koleksi spesial yang berisi arsip sejarah dan politik Indonesia. Khususnya, pada masa pendudukan Jepang dan masa revolusi Indonesia. 

Mayoritas koleksi berbahasa Indonesia dan mencakup transkrip wawancara, manuskrip dan publikasi, catatan penelitian, peta, serta foto-foto. Peluncuran berlangsung pada Senin di Adelaide, Australia, Senin, 8 November 2021.
Anton Lucas, seorang Associate Professor pada College of Humanities, Arts and Social Sciences, Flinders University, telah banyak berkiprah lewat penelitian dan ragam karya buku-buku tentang sejarah Indonesia. Anton pernah bekerja di the Social Sciences Research Training Centre (PLPIIS), Universitas Hasanuddin, Makassar, pada1984 hingga 1985, dan di the Inter-University Centre, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1990-1992.

Baca: Nadiem Sebut Ki Hadjar Dewantara Jadi Pahlawan Inspirasinya, Ini Alasannya

Setelah purna tugas dari Flinders University, Anton tetap menulis dan menjadi Adjunct Associate Professor di Flinders University. Ia juga dikenal aktif sebagai Anggota Gamelan Sekar Laras di Pendopo Flinders University. Anton menerangkan, seluruh koleksi yang telah dikumpulkan dalam karier profesionalnya, telah didonasikan ke perpustakaan Flinders University pada 2006.

"Koleksi tersebut berisi surat-surat dan dokumen pada masa pendudukan Jepang dan revolusi Indonesia yang berupa kliping berita, rekaman audio, dan foto-foto, khususnya yang berkaitan dengan 'Peristiwa Tiga Daerah' di Pantai Utara Jawa pada tahun 1945," ucap Anton, dalam keterangannya, Rabu, 10 November 2021.

Topik-topik koleksi yang dimiliki dan didonasikan kepada perpustakaan Flinders University meliputi demokrasi di Indonesia, perempuan dalam revolusi Indonesia, gerakan keagamaan, dan gerakan protes pertanahan dan lingkungan yang terjadi setelah revolusi Indonesia. Semua koleksi tersebut kini dikonversi dalam bentuk digital oleh perpustakaan Flinders University.

"Sehingga memudahkan bagi lebih banyak orang untuk mengakses koleksi tersebut sebagai sumber pembelajaran. Perpustakaan juga menyediakan akses global untuk materi arsip ini," terangnya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id