Sekolah Susun Kriteria Ranking Siswa untuk Daftar SNMPTN

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 14 Januari 2020 15:25 WIB
    Sekolah Susun Kriteria <i>Ranking</i> Siswa untuk Daftar SNMPTN
    Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta:  Masa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan dimulai besok, Rabu, 15 Januari-8 Februari 2020.  Sejumlah sekolah tengah mempersiapkan diri untuk mengisi PDSS sebagai salah satu tahapan untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

    SMA Negeri 10 Bandung misalnya, saat ini masih berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk bersama-sama menentukan kriteria peringkat siswa yang berhak mendaftar SNMPTN.  Koordinasi dilakukan agar ada standar dan kesamaan ketentuan pemeringkatan antarsekolah.

    "Sekarang saya masih berkoordinasi dengan MKKS tentang kriteria-kriteria penentuan ranking peserta didik di kelas XII, sehingga nantinya ada kesamaan kriteria dan tidak saling menjatuhkan, terutama bagi peserta didiknya," jelas Kepala Sekolah SMAN 10 Bandung, Ade Suryaman saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 14 Januari 2020.

    Ade menyebutkan, rencananya besok (Rabu) MKKS akan menggelar musyawarah guna membahas hal tersebut.  Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada wali murid terkait kebijakan baru penentuan ranking untuk siswa yang berhak mendaftar SNMPTN untuk tahun ini diserahkan pada sekolah.

    "Setelah mengadakan sosialisasi ke orang tua, tentang penentuan 40% (dari total siswa yang berhak mendaftar SNMPTN oleh sekolah dan sebelumnya menyusun tim," jelasnya.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan aturan baru dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN.  Utamanya regulasi di jalur SNMPTN, yakni kewenangan menentukan siswa yang eligible (memenuhi syarat) mendaftar di "jalur undangan" tersebut diserahkan pada pihak sekolah.

    Ketua LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, tugas sekolah kini tak lagi hanya sekadar mengunggah data nilai rapor siswa di PDSS seperti pada tahun-tahun sebelumnya.  Kini sekolah juga diminta langsung melakukan pemeringkatan untuk memenuhi kuota pendaftaran SNMPTN yang ditetapkan berdasarkan status akreditasi sekolah.
     
    “Tahun ini kuota di masing-masing akreditasi SMA ada penentuan peringkat siswanya dan diserahkan sepenuhnya ke sekolah,” kata Nasih saat Konferensi Pers Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020, di Gedung D Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 15 November 2019.

    Pendaftaran Akun LTMPT sebagai salah satu tahapan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi ditutup Jumat 10 Januari 2020. Tercatat sebanyak 1.272.655 siswa telah melakukan permanen data dan siap mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS).

    Untuk jumlah siswa akun aktif sebanyak 1.375.381 siswa. Untuk sekolah yang permanen data 19.662 sekolah dan Sekolah akun aktif sebanyak 23.073 sekolah.

    "Harap mempersiapkan diri untuk proses selanjutnya, yakni pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN untuk siswa yang eligible," terang Nasih.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id