Era Sekolah Favorit Telah Usai

    Arga sumantri - 24 Juni 2019 14:16 WIB
    <i>Era Sekolah Favorit Telah Usai</i>
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Foto: Medcom.id/Arga Sumantri)
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut ingin menyudahi stigma masyarakat tentang sekolah favorit lewat penerapan sistem zonasi. Ia berharap masyarakat mulai sadar kalau istilah sekolah favorit seharusnya sudah tak berlaku.

    "Saya mohon masyarakat mulai menyadari bahwa namanya era sekolah favorit itu sudah selesai," kata Muhajir ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019. 
    Pernyataan ini merespons karutnya sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang salah satu penyebabnya adalah minimnya sosialisasi. Muhajir menepis anggapan bila sistem zonasi ini belum tersosialisasi dengan baik.

    "Masyarakat ini ada yang memang belum tersosialisasi, tetapi ada juga yang pura-pura belum tersosialisasi karena dia masih berharap keinginannya (masuk sekolah favorit) bisa terpenuhi," ungkapnya. 

    Baca juga: Rela Cuti Demi Daftarkan Anak Sekolah

    Muhadjir menjelaskan sistem zonasi dalam PPDB tahun ini diterapkan berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 51 Tahun 2018. Aturan ini keluar pada Desember 2018. Menurut Muhadjir, sekolah, terutama pemerintah daerah sudah bisa menyiapkan mekanisme ini sebaik mungkin. 

    "Peraturan itu menjadi peraturan turunan yang lebih rendah, peraturan gubernur, peraturan bupati/wali kota, mestinya sudah selesai," ungkapnya. 

    Menurut dia, kisruh sistem zonasi terjadi di daerah yang belum memahami betul mekanismenya. Ia pun mengingatkan agar Pemda lebih teliti salam memahami sistem zonasi. 

    "Menurut saya perlu didisplin untuk tahun-tahun yang akan datang di dalam memahami PPDB kebijakan zonasi ini. Dan yang penting jangan main-main dengan nasib peserta didik," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id