Cek Syaratnya, Kuliah di Albukhary University Lewat Baznas Fully Funded Loh!

    Ilham Pratama Putra - 17 Juli 2021 09:05 WIB
    Cek Syaratnya, Kuliah di Albukhary University Lewat Baznas <i>Fully Funded Loh!</i>
    PIC Beasiswa Albukhary International University, Uju Suli Hendra. Foto: Siaran instagram osc_medcom.



    Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka program beasiswa penuh atau full funded di Albukhary International University (AIU), Malaysia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai 7 hingga 21 Juli 2021.

    Baznas bersama AIU membuka kuota hingga 60 orang bagi calon mahasiswa S1 asal Indonesia. Staf Senior Lembaga Beasiswa Baznas sekaligus PIC Beasiswa Albukhary International University, Uju Suli Hendra memaparkan, ada beberapa kelengkapan dan persyaratan bagi para pendaftar.

     



    "Teman-teman bisa lolos dengan mudah. Syarat pertama WNI, dibuktikan dengan KTP juga KK. Teman-teman lulusan SMA, MA, SMK maksimal usia 22 tahun minimal 18 tahun," kata Uju dalam siaran instagram @osc_medcom, Jumat, 16 Juli 2021.

    Baca: Beasiswa Cendekia Baznas Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

    Syarat selanjutnya, pendaftar tidak menikah. Kemudian, penghasilan total dari orang tua maksimal Rp4 juta per bulan. "Jika tidak ada slip gaji, bisa minta keterangan penghasilan rata-rata dari kelurahan," sebutnya.

    Para peserta juga harus memiliki skor TOEFL minimal 500 atau IELTS dengan skor 5,0. Peserta juga mesti mengantongi surat rekomendasi dari tokoh masyarakat.

    "Setelah ada skor TOEFL atau IELS itu di sana juga nanti teman-teman dilihat kemampuan bahasanya. Kalau sudah baik, bisa langsung masuk kelas. Kalau kurang nanti ada kelas bahasa selama satu tahun. Baru nanti mengikuti kelasnya itu sebenernya degree kita cuma tiga tahun," jelasnya.

    Selain itu, para peserta juga harus menyiapkan esai tentang identitas yang dilengkapi dengan cerita kenapa ingin kuliah di AIU dan ingin menjadi apa setelah lulus. Tema itu dapat dimuat pada maksimal tiga halaman.

    Baca: 5 Beasiswa Kuliah di Belanda Tanpa Biaya

    Setelah lolos semua persyaratan tersebut, nantinya peserta akan mengikuti tes wawancara. Wawancara dilaksanakan dua kali. Pertama dengan pihak Baznas, kedua dengan pihak AIU.

    "Dengan kita (Baznas) nanti bisa bahasa Indonesia, kalau dengan AIU bahasa Inggris ya, enggak apa-apa kalau terbata-bata," sebutnya.

    Pada tahap wawancara, para calon mahasiswa juga harus memperhatikan jaringan internet dan kualitas gawai. Perhatikan pula penampilan agar tampak rapi. "Yang ditanya itu salah satunya identitas. Intinya apa yang temen-temen tuliskan di esai itu diklarifikasi," terangnya.

    Saat ini, ada tiga fakultas yang dapat dipilih para pendaftar, yakni Bisnis and Social Science, Education and Human Science, dan Computing and Informatic. Informasi terkait beasiswa Baznas ke AIU dapat dilihat pada laman aiu.edu.my.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id