IPB Teken MoU dengan Kitami Institute of Technology Jepang

    Citra Larasati - 02 Juni 2021 12:13 WIB
    IPB Teken MoU dengan Kitami Institute of Technology Jepang
    Kampus IPB. Foto: IPB/Humas



    Jakarta:  Institut Pertanian Bogor (IPB) University dan Kitami Institute of Technology, Jepang (KIT) resmi mendatangani Memorandum of Understanding (MoU) secara daring. Acara pendatanganan MoU tersebut digelar atas rencana kerja sama dalam riset dan pertukaran pelajar.

    Perjanjian tersebut akan memberikan kesempatan pengembangan akademik baru serta kesempatan belajar di luar negeri bagi siswa kedua institusi.

     



    Vice President KIT, Yasuharu Watanabe mengatakan, bahwa kolaborasi antara Indonesia dan Jepang ini atas insiasi Kedutaan Besar RI di Tokyo. Kerja sama antara kedua institusi ini juga memberikan kesempatan untuk saling  bertukar staf pengajar maupun mahasiswa.  

    Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo yang juga Guru Besar IPB University, Yusli Wardiatno mengatakan kerja sama tersebut memegang peranan penting dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang. Terutama dalam mengembangkan kolaborasi pendidikan serta hubungan bilateral. 

    Ada empat aspek yang akan menjadi fokus kerja sama, yakni energi terbarukan, ketahanan pangan, kesehatan, dan teknologi pertahanan.

    “Saya berharap MoU antara IPB University dan KIT ini tidak hanya dapat mencakup keempat aspek tersebut, namun juga berkembang ke subjek lain yang dapat memberikan manfaat bagi kedua universitas dan juga kedua negara,” ungkap Dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan IPB University ini.

    Baca juga:  Ini Penyebab Sebuah Jurnal Ilmiah Ditolak

    Selain memberikan kesempatan dalam inovasi dan riset, dikatakannya, kerja sama tersebut juga sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yakni program Merdeka Belajar. Mahasiswa berkesempatan untuk bergabung dalam program magang serta mendapatkan kredit dari KIT dan sebaliknya.

    Ia juga berharap akan ada pertukaran budaya saat aktivitas kerja sama bisa dilakukan.

    Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan bahwa kedua institusi memiliki potensi kolaborasi yang besar. Selain untuk memperluas dampak IPB University secara global, hasil persetujuan kerja sama tersebut juga merupakan kesempatan strategis untuk saling bertukar staf pengajar, mahasiswa, dan informasi.

    Ia berharap KIT akan memiliki agenda yang sama dalam membahas isu mengenai agrikultur, biosains, dan aspek keberlanjutan.

    “Kita perlu mengantisipasi berbagai aktivitas di masa depan yang diinisiasikan atas kerja sama ini. Dan kita tidak sabar untuk melihat transformasi positif lainnya dalam hal pendidikan tinggi yang terkait dengan penelitian, inovasi, dan community service,” tambahnya.

    Soichiro Suzuki, President KIT mengungkapkan bahwa pertama kalinya bagi KIT untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi di ASEAN. Setelah melalui beberapa pertimbangan, IPB University menjadi pilihan terbaik untuk memulai kerja sama dengan negara ASEAN yakni Indonesia.

    Ia berharap akan adanya kerja sama dalam bidang agrikultur. Terutama dimana wilayah KIT berada merupakan kawasan utama bagi perlindungan kawasan agrikultur, kehutanan, dan perikanan di Jepang. KIT sendiri telah berkontribusi besar bagi industri lokal dengan mengaplikasikan teknologi dan engineering di banyak lokasi.  


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id